Beranda Berita Utama

Evaluasi Soal HOTS

BERBAGI
Ilustrasi UNBK SMP

JAKARTA– RADAR BOGOR,Sejak Senin sore (30/4) hasil ujian nasional seluruh siswa SMA dan sederajat sudah diserahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kepada masing-masing dinas pendidikan di tingkat provinsi.

Untuk tahun ini, pengumuman hasil ujian nasional memang tidak dilakukan secara online (daring). Seluruhnya diserahkan kepada masing-masing sekolah untuk kemudian disampaikan kepada para murid.

Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan, pengumuman hasil ujian nasional memang seharusnya dilakukan langsung oleh sekolah. Karena itu, Kemendikbud lebih dulu menyerahkan hasil ujian nasional tersebut kepada sekolah sebelum dipublikasi. Prosesnya melalui dinas pendidikan di tingkat provinsi kemudian masuk ke tingkat kota dan kabupaten.

”Yang paling berkepentingan, sekolah dan siswa yang ikut (ujian nasional),” terang dia dia ketika diwawancarai di kantor Kemendikbud kemarin (2/5).

Berkaitan dengan soal high order thinking skill (HOTS) yang tahun ini mulai disisipkan dalam ujian nasional, Muhadjir mengakui pihaknya masih terus mengevaluasi implementasi soal tersebut.

”Karena untuk implementasi dari HOTS itu memang melibatkan banyak elemen. Banyak komponen di dalam proses pendidikan kita,” ungkapnya.

Beberapa komponen yang dimaksud Muhadjir, di antaranya meliputi konten, metodelogi, pembelajaran, guru, kesiapan murid, serta sarana dan prasarana. Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini(syn/wan)

 

Komentar Anda

Baca Juga