Beranda Metropolis

Bekuk Penggarong Rel Kereta

CURANREL: Alat yang digunakan untuk mencuri bantalan rel

BOGOR– RADAR BOGOR,Unit Reskrim Polsek Bogor Selatan membongkar sindikat pencuri rel kereta api kemarin (2/5). Satu orang tersangka berhasil ditahan dan lima lainnya kabur. Gara-gara perbuatan mereka, PT Kereta Api rugi hingga puluhan juta.

Pelaku yang tertangkap adalah MS (24) warga Kampung Ciomas, Desa Cihideung, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. MS ditangkap setelah hendak mencuri besi rel kereta api di Gununggadung Kelurahan Kertamaya, Bogor Selatan.

“Kami menemukan enam orang. Yang lain melarikan diri dan satu kami tangkap,” ujar Kapolsek Bogor Selatan Kompol, Riyanto.

Para pelaku itu, kata dia, selalu mengintai sebelum beraksi. Sasarannya adalah rel kereta api yang mangkrak. Namun, aksi mereka ketahuan setelah dipergoki warga.

Di lokasi, para pencuri besi ini menggunakan perkakas lengkap. Mulai tabung gas sampai alat las. Melihat itu, warga langsung melapor ke petugas.

“Petugas reskrim langsung ke lokasi dan melakukan penangkapan. Saat ini kami sedang menyelidiki keterangan salah seorang pelaku,” bebernya.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya, satu unit tabung gas angin, stang las, selang gas, regulator angin, regulator gas, dan tiga potongan besi.

Riyanto menjelaskan, batangan rel kereta api yang terbuat dari baja dijual Rp40 ribu per kilogram. Sejauh ini pelaku berhasil menjual beberapa batang rel kereta.

“Hasil penjualan dibagi rata,” ucapnya. (don/c)

Baca Juga