Beranda Ekonomi

RKB Dorong Pelaku UMKM

Omer Ritonga/Radar Bogor
BAZAR: Vice President Bank Mandiri area Bogor, Azhari Fikri (dua dari kanan) saat pembukaan bazar di area lobi depan Mal BTM.

BOGOR–RADAR BOGOR, Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bank Mandiri area Bogor terus mendorong para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk menjual produknya. Salah satunya melalui bazar ’Kartini Zaman Now’ di area lobi depan Mal BTM, belum lama ini.

Vice President Bank Mandiri area Bogor, Azhari Fikri menga­takan bazar Kartini Zaman Now merupakan salah satu prog­ram Rumah Kreatif BUMN yang dikelola Bank Mandiri area Bogor. Acara tersebut sekaligus bentuk peringatan Hari Kartini.

“Sebagian UMKM yang tergabung di Rumah Kreatif adalah peserta bazar, mereka bisa memperkenalkan produk-produk ke pasar,” kata Azhari kepada Radar Bogor.

Dia mengatakan, tidak se­­mua anggota mengikuti bazar ter­sebut, hanya sebagian UMKM saja. Namun, dipas­tikan semua UMKM yang terga­bung di RKB mengikuti berbagai kegiatan, baik itu dari Bank Mandiri sen­diri mau­pun lem­baga lainnya.

Melalui RKB, menurut Azhari, Bank Mandiri dapat memajukan dan mampu men­dorong UMKM lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam mencip­takan hal-hal baru. Apalagi salah satu usaha yang tidak ter­gerus dan mampu bertahan di krisis ekonomi ialah UMKM.

Sementara itu, Rumah Kreatif BUMN didirikan untuk mem­per­kuat dukungan kepada per­kem­bangan sektor UMKM di Indonesia. Rumah Kreatif BUMN merupakan prog­ram sinergi BUMN dalam mem­ben­tuk ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan ba­gi UMKM guna meningkat­kan kapasi­tas dan kapabilitas UKM itu sendiri.

Rumah Kreatif BUMN ini akan berperan sebagai pu­sat data dan informasi serta se­bagai pu­sat edukasi, pe­­ngem­bangan dan digitalisasi UMKM.

Di Rumah Kreatif BUMN, pelaku UMKM akan menda­pat­kan manfaat seperti digi­ta­li­sasi usaha melalui portal e-commerce blanja.com, se­leksi UMKM potensial untuk pengembangan usaha lan­jutan, serta pelati­han pe­ngem­bangan kewirausa­haan terkait proses produksi, bahan baku, packing, branding, dan penge­lolaan keuangan.(mer/c)

Baca Juga