Beranda Berita Utama

Prediksi Real Madrid vs Bayern Muenchen: Tuntaskan, Ronaldo!

BERBAGI
Cristiano Ronaldo

RADAR BOGOR-Satu laga lagi, Real Madrid bakal melangkah ke final Liga Champions 2017-2018. Dengan syarat, menang atau menahan imbang Bayern Muenchen di Santiago Bernabeu, Rabu (2/5) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo diharapkan bisa menuntaskan ambisi Los Merengues ke final. Maklum saja, kapten Timnas Portugal itu memiliki pengalaman indah setiap bersua Bayern.

Ronaldo memang tetap menjadi tumpuan pelatih Zinedine Zidane untuk membawa Madrid ke final.

Ambisi Los Merengues bukan hanya final saja, melainkan mempertahankan gelar juara. Motivasi para pemain Madrid tengah tinggi untuk mengukir rekor menjadi tim pertama yang mencatat hat-trick juara di era Liga Champions.

Di pentas Liga Champions, Ronaldo memang seolah tampil beda. Dia selalu bersemangat dan ngotot untuk bisa membobol gawang lawan. Saat ini, dia telah mengoleksi 15 gol dan berpeluang besar menyabet predikat top skorer.

Tak hanya itu, Ronaldo juga cukup akrab dengan gawang Bayern. Dari 7 kali menghadapi Bayern – semua bersama Madrid – Ronaldo mampu mencetak 9 gol.

Hebatnya, setiap Ronaldo membobol gawang Bayern, Madrid selalu meraih kemenangan. Musim lalu di Santiago Bernabeu pada leg kedua perempat final, Ronaldo mencetak hat-trick saat Madrid menang 4-2 dan memastikan lolos ke semifinal dan akhirnya juara.

Kondisi Ronaldo dipastikan bugar. Pasalnya, pada akhir pekan lalu saat Madrid menang 2-1 atas Leganes, Ronaldo sengaja disimpan.

Sebelumnya, dia selalu mencetak gol dalam delapan pertandingan di La Liga yang dilakoninya tanpa putus. Saat ini, dia sudah mengoleksi 24 gol di La Liga.

Berdasar itu, sah-sah saja Zidane dan Madrid berharap banyak pada Ronaldo. Ketajamannya diyakini bakal menuntaskan langkah Madrid untuk melaju ke final Liga Champions musim ini.

Madrid sendiri dipastikan dalam kondisi bugar. Selain Ronaldo, sejumlah pemain pilar juga diistirahatkan dalam laga kontra Leganes seperti Keylor Navas, Marcelo, Luka Modric, dan Lucas Vazquez. Toni Kroos baru dimainkan pada menit 62. Demikian pula Marco Asensio.

Gelandang kreatif Isco memang tak bisa dimainkan lantaran cedera yang dialaminya pada leg pertama belum pulih. Kendati begitu, Zidane tak terlalu khawatir.

Dia masih memiliki Gareth Bale, Lucas Vazquez, dan Asensio. Satu di antara mereka bakal dimainkan sebagai starter untuk menemani Ronaldo dan Karim Benzema di lini depan.

Sementara itu, absennya Dani Carvajal yang juga mengalami cedera, bisa digantikan oleh Nacho Fernandez. So, tak ada yang dikhawatirkan oleh Zidane.

Meski begitu, arsitek asal Prancis itu tetap mewaspadai Bayern yang diyakini akan tampil terbuka demi mengejar defisit gol. Untuk menjaga agar para pemainnya tak terlena dengan kemenangan 2-1 pada leg pertama, dia meminta Ronaldo cs memperlakukan laga nanti laiknya pertandingan final.

“Kami butuh lebih dari kerja keras untuk menuntaskan ambisi ke final. Kami hanya berpikir untuk bisa meraih kemenangan, kami sama sekali tak berpikir hanya meraih hasil seri. Kami akan agresif sejak awal dan mencetak gol cepa,” sebut Zidane seperti dilansir Uefa.com.

Madrid punya tren apik saat menjamu Bayern. Dari 12 kali meladeni Bayern di Santiago Bernabeu, Madrid mampu menang 9 kali, seri 1 kali, dan hanya kalah 2 kali. Bahkan, dari 6 pertemuan terakhir menjamu Bayern di Santiago Bernabeu, Madrid selalu meraih kemenangan.

Di satu sisi, bagi Bayern tak ada pilihan lain untuk bermain menyerang sejak awal. Kalah di Allianz Arena pada semifinal leg pertama memang menyakitkan. Namun, pelatih Jupp Heynckes masih percaya bisa membawa Bayern ke final dengan cara membalikkan keunggulan Madrid.

“Kami akan bermain menyerang. Itu merupakan DNA Bayern. Meski bermain di kandang Madrid, kami tetap akan memeragakan permainan terbuka,” sebut Heynckes.

Bayern memang bisa dibilang dalam posisi terpojok. Mereka harus bisa menaklukkan Santiago Bernabeu untuk bisa melaju ke final. Hal yang butuh kerja keras mengingat pada 6 kunjungan terakhir ke kandang Madrid, Bayern selalu kalah (adu penalti tidak dihitung).

Selain itu, dalam dua perjumpaan terakhir di fase knock-out Liga Champions, Bayern selalu disingkirkan Madrid.

Toh, Bayern tetap masih punya peluang. Robert Lewandowski cs bisa belajar dari keberhasilan Juventus mencetak 3 gol di Santiago Bernabeu sebelum disingkirkan penalti Ronaldo.

Pantang dilewatkan duel seru nanti di Santiago Bernabeu. Madrid atau Juventus yang akan ke final.

5 Pertemuan Terakhir
26/04/2018 Bayern 1-2 Madrid
19/04/2017 Madrid 4-2 Bayern
13/04/2017 Bayern 1-2 Madrid
04/08/2016 Bayern 0-1 Madrid
06/08/2015 Bayern 1-0 Madrid

5 Laga Terakhir Madrid
28/04/2018 Madrid 2-1 Leganes
26/04/2018 Bayern 1-2 Madrid
19/04/2018 Madrid 1-1 Bilbao
16/04/2018 Malaga 1-2 Madrid
12/04/2018 Madrid 1-3 Juventus

5 Laga Terakhir Bayern
28/04/2018 Bayern 4-1 Frankfurt
26/04/2018 Bayern 1-2 Madrid
21/04/2018 Hannover 0-3 Bayern
18/04/2018 Leverkusen 2-6 Bayern
14/04/2018 Bayern 5-1 M’Gladbach

Perkiraan Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Nacho, Ramos, Varane, Marcelo; Modric, Kroos, Casemiro; Asensio, Benzema, Ronaldo
Absen: Carvajal, Isco (cedera)
Pelatih: Zinedine Zidane

Bayern Muenchen: Ulrich; Kimmich, Hummels, Sule, Alaba; Martinez, Thiago, James Rodriguez, Mueller, Ribery; Lewandowski
Absen: Neuer, Boateng, Vidal (cedera)

Pelatih: Jupp Heynckes
Prediksi JawaPos.com

Real Madrid Menang: 40%
Bayern Muenchen Menang: 30%
Seri: 30%
(ysp)

Baca Juga