25 radar bogor

Cerdik Atasi Neuropati

EDUKASI : Pemukulan tanda dibukanya puncak kegiatan kampanye penyakit Neuropati di Museum PETA, kemarin.

BOGOR–RADAR BOGOR,Tak semua orang mengetahui neuropati. Padahal, penyakit neuropati tidak boleh disepelekan. Demikian ditegaskan Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Asijikin Imam Hidayat Dachlan.

Ia mengatakan, neuropati dapat pula diderita kepada mereka yang masih muda. Meski begitu, pencegahan neuropati dapat dilakukan. Kemenkes mengimbau masyarakat untuk menjalankan pesan Cerdik.

“Cerdik itu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, dan Kelola stres dnegan baik,” jelasnya, Minggu (29/4).

Sebanyak 5.000 orang bergerak bersama melawan neuropati di pelataran Museum Peta, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor.

Kegiatan yang diinisiasi Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi) ini mengajak peserta untuk ikut dalam fun walk. Tak hanya itu, disediakan pula 25 lokasi layanan pemeriksaan kesehatan saraf.

“Jadi, kegiatan ini merupakan acara puncak dari Pertemuan Ilmiah Nasional (PIN) Perdossi 2018 sekaligus rangkaian kampanye edukasi pencegahan neuropati,” ujar Ketua Umum PP Perdossi, Moh. Hasan Machfoed.

Hasan mengatakan, kegiatan yang memasuki tahun ke-3 ini menunjukkan kesinambungan komitmen dari seluruh pihak untuk pencegahan neuropati.

Pasalnya, neuropati ini merupakan kondisi gangguan kerusakan saraf tepi yang dapat disebabkan trauma pada saraf, efek samping penyakit sistemik atau kekurangan vitamin B1, B6 dan B12.

“Neuropati bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin neurotropik, melaku­kan senam saraf neuro­move, istirahat cukup dan cek kesehatan sarag sejak dini,” katanya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Bogor Usmar Hariman mengatakan, fenomena yang terjadi di masyarakat sekarang yakni meningkatnya kejadian penyakit tidak menular (PTM). Salah satunya, neuropati, akibat dari gaya hidup tidak sehat.

Maka, Pemerintah Kota Bogor mendukung kegiatan pence­gahan neuropati dengan memberikan fasilitas warga untuk berolahraga di CFD dan menyediakan mobil curhat untuk konsultasi kesehatan warga. “Mari kita semangat bersama-sama melawan neuropati,” tukasnya.(pia)