Beranda Berita Utama

Sempat Viral, Dua Anak Pelaku Pencurian di ATM Diciduk. Begini Cara Operasinya!

BERBAGI
Anak pencuri uang nasabah di ATM saat diciduk petugas di kediamannya di Jalan Perintis Kemerdekaan IV, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Kamis (26/4/2018).

MAKASSAR-RADAR BOGOR, Dua anak perempuan pelaku pencurian di ATM Center depan Pesantren IMMIM Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar dengan modus pura-pura mengemis dan viral di media sosial, berhasil diamankan oleh Unit Khusus Polsek Tamalanrea.

Dua bocah itu berhasil ditangkap di rumahnya masing-masing di Jalan Perintis Kemerdekaan IV, Kelurahan Tamalanrea Jaya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Kamis (26/4/2018) dini hari.

Kapolsek Tamalanrea, Kompol H Syamsul Bachtiar mengatakan, penangkapan kedua pelaku pencurian yang terbilang anak dibawah umur ini terungkap berkat rekaman CCTV dan juga telah viral di media sosial.

Viralnya video tersebut, kata Bachtiar, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi kedua pelaku dan langsung dilakukan penangkapan di rumahnya.

Modus Baru Pencurian di ATM, Anak Gelandangan Pura-pura Ngemis. Lihat Videonya!

“Aksi pelaku terekam CCTV dan sempat viral di media sosial, sehingga anggota bergerak cepat dan berhasil meringkusnya,” kata Bachtiar, Kamis (26/4/2018).

Bachtiar menjelaskan, untuk modus kedua anak ini yaitu berpura-pura mengemis meminta uang kepada nasabah ATM sehingga nasabah tidak fokus. Melihat korban sudah lengah, mereka pun langsung menekan nominal uang sehingga pada saat korban keluar dari ATM langsung mengambil uang tersebut.
Saat dikonfirmasi adanya pelaku lain dibalik aksi nekat kedua anak perempuan tersebut, Bachtiar mengatakan bahwa saat ini masih dalam proses penyelidikan dan pendalaman oleh penyidik.

“Kasus ini masih dalam proses penyelidikan, apakah ada keterlibatan orang dewasa atau bagaimana. Nanti kita lihat karena saat ini mereka telah kita amankan,” terangnya.
Sebelumnya, aksi nekat kedua bocah perempuan ini sempat viral di media sosial karena aksinya terekam CCTV. Dan mereka pun memperlihatkan seakan pelaku pencurian yang profesional karena piawai dalam mengelabui korbannya. (ysp)

Berikut Cara Pelaku Beroperasi Menggasak Uang Nasabah di ATM :

  1. Korban masukkan kartu ATM di mesin atm
    2. Korban masukkan pin
    3. Lalu si anak kecil itu mendekat dan minta duit seribuan
    4. Saat anak kecil itu minta duit, si anak mencet nominal penarikan tunai
    5. Otomatis kartu ATM keluar
    6. Korban keluar/pindah ke mesin Atm lain, mengira mesin Atm rusak/tidak berfungsi karena kartunya keluar otomatis
    7. Karena si anak sudah mencet nominal jadi si mesin ATM berproses
    8. Si anak nunggu duitnya keluar
    9. Lorban melapor ke bank karena terdebet otomatis dan duit tidak keluar padahal sudah diambil si anak
    10. Aksi pencurian pun berhasil.

Komentar Anda

Baca Juga