25 radar bogor

Optimistis 40 Masjid Raya Rampung

DIRESMIKAN: Bupati Bogor Nurhayanti kembali meresmikan Masjid Raya di wilayah Kabupaten Bogor sebagai target RPJMD 2013-2018.

TAMANSARI–RADAR BOGOR,Bupati Bogor Nurhayanti tak menyia-nyiakan waktu untuk mengejar target pembangunan masjid raya di 40 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bogor.

Setelah Masjid Nurul Huda yang diresmikan pekan lalu, kini giliran Masjid Raya Nurul Iman di Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, yang diresmikan.

Nurhayanti menargetkan, pembangunan masjid raya yang masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2013–2018, dapat rampung sebelum masa jabatannya berakhir.

Saat ini, kata dia, ada 30 masjid raya yang sudah terbangun dan diresmikan.

“Ada 10 masjid lagi yang masih dalam proses pembangunan, tapi saya yakin rampung tahun ini,” tegasnya. Melihat ke belakang, Nurhayanti menambahkan, pada 2013 lalu telah terealisasi sembilan unit masjid raya, disusul pada 2018 telah dialokasikan belanja hibah, hasil usulan tahun 2016 untuk pembangunan 20 masjid besar.

Alokasi tersebut termasuk Masjid Nurul Iman yang diresmikan Kamis (26/4).

“Sisa lokasi yang belum terealisasi, telah diusulkan dan telah di-rechecking oleh tim evaluasi terhadap lokasi masjid besar tahun 2017,” beber bupati.

Mengingat pembangunan 40 masjid tersebut didanai dari hibah APBD Kabupaten Bogor, Nurhayanti terus mengingatkan tentang pentingnya penerima hibah untuk mematuhi Peraturan Bupati Nomor 16 Tahun 2016 tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah. .(dka)