25 radar bogor

Subiantoro Pimpin AAI Kabupaten Bogor

DILANTIK: Ketua AAI Jabar Febriyadi melantik pengurus AAI Kabupaten Bogor di aula Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bogor, Rabu (25/4).

CIBINONG-RADAR BOGOR,Subiantoro res­­mi memimpin Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) cabang Ka-bupaten Bogor periode 2018-2021.

Itu setelah Ketua AAI Jabar Febriyadi melantik Subiantoro yang juga kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah di lantai 2 kantor DAPD Kabupaten Bogor, Rabu (25/4).

Selain pelantikan, diadakan juga seleksi kearsipan tingkat ka­bupaten yang diikuti 100 pe­serta dari organisasi perang­kat daerah (OPD) Pemkab Bogor. Peser­tanya menetapkan kepe­ngurusan Arsiparis Kaupaten Bogor 2018-2021.

Menurut Ketua AAI Jabar Febriadi, kearsipan menjadi uru­san penting, bahkan wa­jib, yang harus dijalankan pengu­rus AAI cabang. Selain itu, ha­rus menjadi mitra kerja peme­rin­tah.

”Urusan wajib di se­mua OPD, pentingnya arsip jangan jadi pidato dan terpasang di baliho-baliho. Tapi harus men­jadi pendukung data sum­ber informasi’’ tegasnya.

Ada tiga program yang harus berjalan di opd, yakni prog­ram layanan perkantoran, peme­liharaan penataan arsip, dan program peningkatan sapras. ”Insya Allah Pemprov Jabar memberikan satu unit mobil untuk Gerakan Baca dan Sadar Arsip,’’ tegasnya.

AAI Jabar juga berpesan agar AAI Kaupaten Bogor sering me­ngadakan workshop dan prog­ram advokasi kepada arsiparis yang sulit naik pangkat.

”AAI cabang harus memper­juang­kan arsipa­ris yang merana. Per­ha­tian pa­da arsiparis itu bu­kan hanya uang, tapi mem­beri­kan suasana ker­ja yang nya­­man dengan lingkungan mend­u­kung,” tutupnya.

Sementara itu, seleksi arsi­pa­ris OPD tingkat Kaupaten Bo­gor yang sebelumnya diikuti 100 orang, saat pelaksanaan, se­ki­tar 40 orang saja yang ikut.

”Saat ini di Kabupaten Bogor terda­pat 25 arsiparis dan pengelo­la. Diharapkan dengan kegiatan ini jumlah arsiparis terus bertambah,” katanya.

Sedangkan pemateri dalam kegiatan ini adalah Damaris Butarbutar dari Anri dan ketua AAI Jabar Febriyadi.(*unt)