25 radar bogor

Sekolah Alam Algiva Ajak Siswa Susuri Kampung

EDUKASI: Siswa Sekolah Alam Algiva mengajak masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

BOGOR-RADAR BOGOR,Sekolah Alam Algiva punya cara unik peri­ngati Hari Bumi yang jatuh pada 21 April setiap tahunnya. Selama sepekan, sekolah tersebut me­meriahkan acara yang dike­mas dalam bentuk kegiatan sosial, bazar dan panen raya hing­ga menyusuri kampung sekitar sekolah.

Pendiri Sekolah Alam Algiva Fatah Sugito mengatakan, setiap peringatan Hari Bumi, Algiva selalu memperingatinya dengan berbagai kegiatan.

Selain menum­buhkan jiwa sosial, kata dia, juga mena­namkan kepekaan terhadap lingkungan.

Seperti tahun lalu, seluruh siswa TK/SD Sekolah Alam Algiva membersihkan sam­pah-sampah sekitar sungai se­kaligus menanam pohon.

”Untuk tahun ini kami menyu­suri kampung sebagai puncak acara peringatan Hari Bumi,” ujar­nya kepada Radar Bogor.

Ada beberapa kegiatan dalam peringatan Hari Bumi tersebut, mulai dari Bazar Barbeku (barang bekas berkualitas) hingga panen raya anak-anak Algiva, seperti tomat, cabai, bayam dan ikan. ”Susur kam­pung sendiri melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, orang tua siswa serta guru dan ratusan anak-anak,” katanya.

Su­gito menambahkan, kam­pung yang mereka susuri yaitu Kam­pung Bojong Neros, Keca­matan Bogor Barat, Kota Bogor. Mereka diajarkan juga mem­buat lubang biopori sek­a­ligus membersihkan sampah.

Kegiatan tersebut tidak hanya mengedukasi anak-anak didiknya, tetapi juga masyarakat kampung agar bersama-sama menjaga lingkungan.

”Intinya untuk edukasi masyarakat juga.Sam­pah organik dan nonor­ganik dimasukkan ke lubang biopori dan sebagainya,” ucapnya.(ran/c)