25 radar bogor

Uu Klaim Punya Solusi untuk Permasalahan Sopir Angkot di Jabar

Calon wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruhzanul Ulum

CIAWI-RADAR BOGOR,Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, solusi permasalahan sopir angkutan umum di Jawa Barat sudah ada dalam program Jabar Juara yang diusung olehnya bersama Ridwan Kamil.

Hal itu diungkapkan Uu usai bersilaturahmi dengan salah satu komunitas sopir angkot terbesar di Jabar yang memiliki sekitar 2.000 anggota dan berbasis di Bogor yakni Solidaritas Elegan Ekstrem Islami atau disingkat SEKSI.

“Apa yang diharapkan oleh sopir angkot sudah ada di program Jabar Juara karena Jabar Juara meliputi semuanya, juara agamanya, juara masya­rakatnya, juara infrastrukturnya,” kata Uu kepada wartawan usai sila-turrahmi, Jumat (20/4/2018).

Dalam silaturahmi dengan komunitas sopir angkot itu, Uu disambut langsung oleh pimpinan komunitas SEKSI, Eman Hidayat. Emen -panggilan akrabnya- menyampaikan kepada Uu bahwa dia beserta rekan-rekannya memiliki permasalahan soal mahal dan sulitnya biaya pembuatan Surat Izin Menge-mudi (SIM).

“Yang dialami teman-teman di sopir angkot, kelemahan dalam pembuatan SIM yang sulit dan mahal, harga SIM120.000 sulit terjangkau bagi kami karena pendapatan kami tidak banyak dan harus berbagi dengan kebutuhan lainnya. Kita ingin dipermudah bagaimana caranya dan dengan tarif yang terjangkau,” kata Emen.

Tidak hanya permasalahan SIM, jalan berlobang juga menjadi masalah lainnya. Emen mencotoh­kan beberapa jalan yang dilewatinya seperti jalur Cibedug, Pasir Muncang, Ka-bupaten Bogor mengalami kerusakan.

“Jalur Cibedug, Pasir Muncang jelek dan begitu juga jalan yang lainnya. Saya imbau pemerintah tolonglah diperhatikan untuk jalan-jalan diperbagus agar mobil kami tidak rusak, itu harapan kami,” kata Emen.

Menanggapi keluhan sopir angkot tersebut, Uu mengatakan dirinya bersama Kang Emil siap mengatasi permasalahan sopir angkot.
Menurut Uu sopir angkot adalah profesi yang terhormat yang juga ikut menggerakkan perekonomian masyarakat terutama masyarakat menengah ke bawah melalui jasa angkutan yang diberikan.

“Coba kalau tidak ada sopir, roda perekonomian mau gi­mana, orang ke pasar mau bawa barang dagangan bagaimana? naik angkot pastinya, terutama masyarakat menengah ke bawah. Jadi ini adalah komunitas yang sangat terhormat yang sangat berjasa terhadap masyarakat,” kata Uu.

Uu mengatakan pemerintah wajib memperhatikan per-masalahan yang dialami sopir angkot dan kemudian mem-berikan solusi.

Uu menjelaskan untuk persoalan SIM dirinya akan mengupayakan untuk berkon­sultasi dengan pihak kepolisian atau instansi terkait untuk mempermudah kepe-ngurusan SIM dan memperi­ngan biaya pembuatan SIM khusus bagi sopir angkot.

“Jangan dipersulit untuk membuat SIM. Harapan kami kalau nanti jadi wagub saya akan berkonsultasi dengan pihak Polda kalau perlu pak kapolri khusus untuk SIM sopir angkot kalau bisa setengah harga,” ucap Uu.

Sementara terkait jalan rusak, Uu menjelaskan pihaknya me­miliki program Jabar Lecir. “Me­reka minta perbaiki jalan supaya mobil tidak cepat rusak, maka saya punya program Jabar Lecir, Jabar jalannya lecir,” kata Uu.

Uu menjelaskan program Jabar Lecir adalah program untuk memperbaiki jalan rusak di seluruh wilayah Jabar bekerja sama dengan Pemda. Begitu juga untuk jalan provinsi akan menggunakan anggaran belanja provinsi.

“Jalan provinsi kami yang membangun dan memperbaiki. Kalau kabupaten dikasih bantuan ke pemda dengan spesifikasi itu untuk perbaikan pembangunan infrastruktur di daerah,” tutup Uu.(*)