25 radar bogor

Siswa Keluhkan Soal Matematika Sulit

Beberapa siswi SMP 7 Kota Bogor keluar ruang ujian sambil menangis usai mengerjakan ujian matematika di hari kedua UNBK, Selasa (24/4).

BOGOR–RADAR BOGOR,Ujian nasional berbasis kom­puter (UNBK) pada hari kedua berjalan lan­car setelah di hari pertama diwarnai server ngadat. Meski demikian, Kemen­­terian Pendidikan dan Kebudayaan (Ke­men­­dikbud) kini justru dibanjiri keluhan terkait sulitnya soal UNBK mata pelajaran matematika.

Mereka menumpahkan unek-uneknya pada akun Instagram Kemendikbud.

“Pak kemarin saya belajar matematika 6 jam loh pak, ehh yang keluar cuma 3 soal, itu juga jawabannya gak ada ya udah saya klik aja yang mendekati, salah saya apa coba,” tulis amndaa_ftrni.

“Pak saya sakit hati sama soal-soal ujian tadi, mbok ya mohon pak diper­­mudah, kasihan ade-ade kelas saya pak. Kata Allah barangsiapa yang mempermudah orang lain bakalan dipermudah pula pak uru­­sannya. Saya hanya meng­ingatkan pak, saya lelah dengan semua ini pak. Bagai­mana kalau nem saya tidak ba­gus, saya ingin keterima di SMA yang saya inginkan pak. Padahal pak saya sangat memperjuangkan matematika ini loh pak,” keluh amiralaydrus_.

Tak hanya itu, soal higher order thinking skills (HOTS) yang diperkirakan hanya ada 10 persen juga dikritik para peserta UNBK. Mereka menganggap soal HOTS justru lebih banyak.

“Pak, katanya HOTS cuma 10% aja, kok tadi matematika HOTSnya berubah jadi 100% sih,” kata arimbihestia. “Soalnya angker bngt pak,” imbuh _iyass08.

Pantauan Radar Bogor, di Leuwiliang, siswa juga mengalami hal serupa. Seperti yang diungkapkan Rizqita Mega (14). Ia tampak mengernyitkan dahi berkali-kali setiap berganti soal. Namun, ia mengklaim tetap percaya diri menjawab soal. Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini (fik/cr3/wil/d)