25 radar bogor

Siap-siap! Whatsapp akan Blokir Pengguna di Bawah 16 Tahun

Ilustrasi Whatsapp
Ilustrasi Whatsapp

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebuah peraturan ketat bakal diterapkan Whatsapp. Pengguna yang berusia di bawah 16 tahun akan diblokir dan tidak boleh menggunakan layanan pesan instan tersebut. Hal ini menyesuaikan aturan privasi data yang diterapkan Uni Eropa pada 25 Mei mendatang.

WhatsApp sebagai salah satu layanan pesan instan paling banyak digunakan di dunia pun langsung bergerak cepat dengan memperbarui kebijakan privasinya, salah satunya usia minimal tersebut. Aturan ketat tersebut saat ini berlaku untuk pengguna di wilayah benua Eropa.

Seperti yang dilansir detik.com, nantinya, saat ada pengguna di Eropa yang login ke dalam aplikasi Whatsapp, mereka akan ditanya usianya pada laman persetujuan term of service (TOS), lengkap dengan kebijakan privasi WhatsApp yang sudah diperbarui.

Sementara, Facebook menerapkan aturan berbeda terkait perubahan aturan privasi data Eropa ini. Mereka kini akan meminta remaja dengan usia antara 13 sampai 15 tahun untuk menunjukkan izin dari orang tuanya untuk membagikan informasi personal di platform tersebut.

Jika pengguna di bawah umur ini tak bisa menunjukkan izin dari orang tuanya, mereka hanya bisa mengakses Facebook versi generik, alias tanpa kustomisasi informasi berbasis data mereka.

Namun perlu diingat, di luar Eropa, usia minimal untuk menggunakan WhatsApp tetaplah 13 tahun. Nah, apakah menurutmu aturan ini juga perlu diterapkan di Indonesia?. (ysp)