25 radar bogor

Jalan Cikeas Mirip Kuburan

PJU RUSAK: Kondisi jalur akses Tol Cimang­­­gis, Kelurahan Cikeas Udik, sudah mulai sepi menjelang malam, kemarin (24/4).

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Layanan pene­­rangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik timur Kabu­­paten Bogor mem­prihatinkan. Sebut saja 32 PJU lebih di jalur akses Tol Cimang­­­gis, Kelurahan Cikeas Udik, Kabupaten Bogor, yang tak menyala selama bertahun-tahun. Tak ayal, kala malam, kawasan itu gelap gulita.

Warga setempat bahkan menyebutnya seperti area kuburan. ”Warga ketakutan kalau melintas saat malam. Rawan maling atau gangguan kamtib­­mas juga,” ucap Yanto (41) warga Cikeas Udik.

Menurut dia, akses yang gelap gulita itu juga memicu terjadi­­nya kecelakaan lalu lintas. Banyak pengguna motor yang mengaku kelabakan saat mele­­wati jalur tersebut.

’’Meski kece­lakaannya ringan, seperti saling senggol, tetap saja mem­bahayakan,’’ ucapnya.

Menyikapi hal itu, Kadishub Kabupaten Bogor Edi Wardhana menyata­kan, PJU di kawasan tersebut dikelola langsung Kemen­terian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sehingga pihaknya tidak bisa berbuat banyak jika ada aduan warga terkait kondisi jalan yang gelap. Namun, berdasar­­kan aturan, PJU itu seharusnya diserah­terimakan kepada pem­kab.

’’Tapi, sampai seka­rang wewe­­nang pengelolaan PJU belum diserahkan,’’ katanya.

Namun begitu, Edi mengaku akan segera berkoordinasi dengan Kemen-PUPR. Menurut dia, harus ada penanganan segera di kawasan tersebut.

”Jika perlu, pemkab segera kirim surat ke pemerintah pusat untuk menanyakan masalah itu. Intinya, kami akan mendorong agar penyerahan aset segera dilakukan,” katanya.(cr2/c)