25 radar bogor

Jadi Tempat Migrasi Burung Jepang

ist-Sofyansyah/Radar Bogor SELAMATKAN CILIWUNG: Personel TNI dan peserta Ngalokat Sirah Cai Ciliwung membersihkan gulma-gulma dari Telaga Saat di perbukitan Cisarua

CISARUA–RADAR BOGOR,Normalisasi hulu Sungai Ciliwung di Telaga Saat, kawasan Kampung Cikoneng, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, terus menampakkan peningkatan. Bahkan, banyak rencana jika normalisasi sudah seratus persen dilakukan dengan baik. Salah satunya, Telaga Saat bakal dijadikan sarana edukasi bagi wisatawan. Di samping, pemanfaatan untuk kebutuhan warga sekitar.

Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor (UIKA) Ending Bahruddin, saat pengukuhan Relawan Bela Alam di Telaga Saat, Minggu (22/4) lalu mengatakan, mahasiswanya saat ini sedang melakukan penelitian untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di kawasan tersebut. ”Nah, nanti listriknya kan bisa dimanfaatkan warga sekitar,” kata Ending.

Di tempat yang sama, Ketua Broterhood fo Nature yang juga anggota Relawan Bela Alam, Eko Wiwid mengatakan, Bogor-Puncak-Cianjur (Bopuncur) merupakan kawasan perlintasan migrasi burung dari Jepang. Oleh karenanya, pengawasan pun perlu ditingkatkan agar menambah keasrian Telaga Saat.

”Ini kan harus dikawal burungnya. Sekitar Oktober–November itu mereka istirahat dan transit di sini,” tukasnya.(dka/c)