25 radar bogor

Ratusan Relawan Bersihkan Puncak

BEBERSIH: Warga dari berbagai organisasi bersama aparat pemerintah bahu-membahu membersihkan sampah di area Puncak.

CISARUA–RADAR BOGOR,Setiap hari, produksi sampah di Puncak tidak sedikit. Sampah–sampah tersebut berasal dari berbagai sumber, baik sampah rumahan ataupun sampah yang dibawa wisatawan.

Hal itu yang membuat Pemerintah Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cisarua, dan unsur masyarakat berbondong–bondong turun ke jalan membersihkan kawasan Puncak dari sampah. Terutama di pinggiran jalan, tumpukan sampah terkadang mengurangi keelokan kawasan wisata alam tersebut.

”Kami mengajak beberapa unsur seperti ecovillage, Sibat, PMI, linmas, LPM, Badan Pem­­berdayaan Desa (BPD) dan masyarakat sekitar. Alham­­­dulillah, kami berhasil mengumpulkan lebih dari 200 orang untuk turun ke jalan,” beber Kaur Kesra Desa Tugu Utara Agus Kurniawan.

Pada Radar Bogor ia men­­jelaskan, bebersih dilakukan di sekitar desa menggunakan peralatan seadanya. Sampah plastik masih menjadi jenis sampah yang paling banyak ditemui di Puncak.

”Sasarannya memang di sepanjang jalan. Karena kita ketahui bahwa Jalan Raya Puncak ini selalu dilintasi banyak warga dari luar. Kami ingin menunjukkan bahwa jalur Puncak ini, khususnya di Desa Tugu Utara, bersih dari sampah,” lanjut Agus.

Perjalanan bebersih sampah itu dimulai dari Kampung Babakan hingga Kampung Tugu. Kegiatan yang sekaligus memperingati Hari Bumi ini, Agus berharap masyarakat bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan.

”Terutama Desa Tugu Utara, harus bebas dari sampah,” tegasnya.(dka/c)