25 radar bogor

Hujan Deras, Empat Rumah Ambruk

ILUSTRASI

BOGOR–RADAR BOGOR,Hujan disertai angin kencang yang terjadi beberapa hari ini, mengakibatkan empat rumah warga ambruk. Tiga di antaranya, hanya atap dan sebagian dinding yang ambruk.

Rumah pertama milik Onden Sutarsih di Kampung Cimahpar Pakauman RT 03/15, Kelurahan Cimahpar, Bogor Utara. Kedua, atap rumah milik Sutardji di Kampung Bojongenyod RT 03/03, Kelurahan Tegalgundil, Bogor Utara. Ketiga, rumah milik Gendong di Kampung Batakal RT 03/10, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan.

Keempat, rumah milik Aprilyandi di Kampung Kedunghalang Sentral RT 01/05, Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanahsareal.

Kepala Pusdalops BPBD Kota Bogor Ahmad Maulana mengatakan, hujan deras yang terjadi dini hari tersebut, mengakibatkan atap dan sebagian dinding rumah milik warga ambruk.

“Kejadian di Tegalgundil pukul 02.30 dini hari (kemarin, red), kami baru menerima laporan pukul 09.00 WIB. Penyebabnya, hujan dengan intensitas tinggi,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, namun demi keselamatan pemilik rumah, para korban beserta keluarganya diungsikan sementara ke rumah sanak keluarga.

“Ambruk pada bagian dapur dan kamar mandi untuk di Tegalgundil. Akibatnya, peralatan dapur hancur tertimpa reruntuhan atap dan tembok rumah,” jelasnya.

Untuk kejadian di Cimahpar, kata Ahmad, selain karena hujan, kondisi bangunan juga sudah termakan usia.

Selain menimpa rumah, hujan deras juga mengaki­batkan longsor dan pergeseran tanah. Longsor sepanjang sembilan meter dengan tinggi tiga meter terjadi di wilayah selatan, Kelurahan Muarasari, Kampung Anyar RT 03/06. “Tidak ada korban jiwa. Satu keluarga atas nama Hanan dengan tiga anggota keluarga­nya dievakuasi,” kata Ahmad.

Hujan juga membuat tanah bergeser dan menumbangkan sebuah surau di Kampung Curug RT 01/05 Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat. Tak ada korban saat terjadi longsor sebelum azan subuh berkumandang sekitar pukul 04.00 WIB. “Namun, lantai dua rumah ibadah tersebut longsor,” ujarnya.

Selain mengungsikan warga yang rumahnya terkena bencana, TRC-PB BPBD Kota Bogor juga mengirim ban­­tuan darurat yang dibutuh­kan para korban.
Atas kejadian tersebut, BPBD mengimbau warga tetap waspada, mengingat hujan masih terus berlangsung. (don/c)