Beranda Berita Utama

Bocoran Soal Beredar di Grup Aplikasi

ilustrasi lembar jawaban (scimath.org)

BOGOR-RADAR BOGOR, Beredarnya foto soal ujian yang diduga kuat materi ujian UNBK kembali terjadi. Kini yang beredar adalah foto-foto soal UNBK SMP mata pelajaran bahasa Indonesia, yang diujikan kemarin (23/4).

Modus beredarnya soal UNBK jen­jang SMP itu sama seperti di jenjang SMA beberapa waktu lalu. Yakni melalui grup aplikasi percakapan Line.

Beredarnya foto materi soal UNBK SMP mata pelajaran bahasa Indonesia itu terjadi sekitar pukul 10.00. Setiap kali ada posting foto soal ujian, disertai dengan permintaan jawabannya apa.Di bagian bawah soal ujian itu, tertulis puspendikcatcbt17.

Keterangan ini menunjukkan bahwa soal tersebut dikeluarkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud. Puspendik Kemendikbud merupakan unit kerja yang menangani penyelenggaraan UN setiap tahunnya.

Ada beberapa spekulasi terkait beredarnya soal UNBK tersebut. Beberapa kalangan mengatakan yang beredar itu adalah materi UNBK tahun lalu. ’’Besok (hari ini) akan saya pastikan,’’ kata Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Heru Purnomo. Pria yang juga menjadi pengawas UNBK SMP itu mengatakan akan melihat apakah di setiap soal UNBK ada tulisan puspendikcatcbt17.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara UN atau UNBK berharap informasi beredarnya soal ujian itu ditelusuri. ’’Khawatir ada pihak tertentu yang ingin membuat keresahan,’’ kata Kepala BSNP Bambang Suryadi.

Dia menegaskan, beredarnya foto soal UNBK itu menunjukkan ada peserta ujian yang membawa ponsel. Dia menegaskan jika sampai ada peserta ujian yang bisa membawa ponsel, kemudian memotret soal UNBK untuk disebarkan secara online, berarti kinerja pengawas ruang ujian tidak optimal. ”Mestinya pengawas mengamati apa yang dilakukan peserta. Dan jika ada yang pakai HP bisa diberi peringatan,’’ jelasnya.

Bambang menuturkan, tugas pengawas ruang ujian adalah memastikan tidak ada peserta yang membawa ponsel selama di ruangan ujian. Dia mengatakan jika benar soal UNBK beredar melalui media sosial atau aplikasi percakapan, berarti telah terjadi kelalaian pengawas dan kesalahan oleh peserta ujian.(wan)

Baca Juga