Beranda Metropolis

Waspada Penipuan Cek Miliaran

BERBAGI
Kompol Syaifudin Gayo

BOGOR–RADAR BOGOR, Siapa yang tak tergiur melihat cek bernilai miliaran rupiah di pinggir jalan. Lembaran yang hanya bisa dicairkan sang pemilik dana itu, justru menjadi salah satu modus penipuan. Ya, penipuan dengan iming-iming cek palsu ini kembali ditemukan di Kota Bogor.

Seperti yang dilaporkan seorang warga ke Polsek Bogor Tengah. Lagi-lagi, cek senilai Rp4,5 miliar atas nama Drs H Sutoro, Presiden Direktur PT Surya Wira Agrah, Kabupaten Bontang, Kalimatan Timur, ini ter­simpan dalam sebuah amplop di pinggir jalan.

Kapolsek Bogor Tengah Kompol Syaifudin Gayo mengatakan, cek tersebut dila­por­kan seorang war­ga. Petugas lang­sung menda­tangi dan mengamankan temuan tersebut. Cek itu, lanjut Gayo, dipastikan adalah penipuan.

“Ini jelas penipuan. Karena sudah sering mengatasnamakan seseorang dan sudah diselidiki oleh kepolisian,” kata Gayo, kemarin (22/4).

Modusnya, kata dia, pelaku menjatuhkan amplop cokelat di jalanan, agar warga tertarik. Setelah itu, di dalam surat tersebut dilampirkan keterangan sebagai surat penting. Nantinya, warga diiming-imingi uang namun dengan meminta tolong pinjaman sejumlah uang.

“Saya pinjam dulu 10 juta, nanti saya ganti. Karena saya masih ada urusan, uang saya sudah ada di cek itu,” kata Gayo mempratikkan cara sang penipu menggaet korbannya. Atas kasus ini, kata Gayo, pelaku yang masih buron akan dikenakan pasal 378 KUHP.

Gayo juga mengimbau agar masya­ra­kat waspada bila menemukan cek bernilai miliaran rupiah. Jika menemukan, segeralah melapor ke kantor polisi terdekat.(don/c)

Komentar Anda

Baca Juga