25 radar bogor

Satu Trofi Lagi!

Tim Barcelona saat memenangkan Trofi Copa del Rey 2017

MADRID–RADAR BOGOR,Barcelona sukses meraih gelar pertama musim ini setelah membungkam Sevilla 5-0 di final Copa del Rey, Minggu (22/4) dini hari WIB.

Bermain di Wanda Metropolitano Stadium, the Catalans tak menemui banyak kesulitan untuk membekuk Sevilla, yang diarsiteki Vincenzo Montella.

Brace Luis Suarez pada menit 14 dan 39, yang mengapit gol Lionel Messi (31’) membawa Blaugrana unggul tiga gol di babak pertama.

Dominasi tim polesan Ernesto Valverde berlanjut ke babak kedua, dengan menambah dua gol lagi via Andres Iniesta (53’) dan penalti Philippe Coutinho (69’).

Sukses Barca menjuarai Copa de Rey bakal kian leng­kap, jika sudah memastikan gelar juara La Liga.

Satu keuntungan sudah dida­patkan Barca setelah Atletico Madrid dikalahkan Real Sociedad 0-3 pada laga di pekan ke-33.

Kekalahan itu membuat Ateltico mengoleksi 71 poin, berjarak 12 poin dari Barca (83 poin). Pesaing lainnya, Real Madrid yang ada di urutan ketiga tertinggal 15 poin dari Barca dengan koleksi 68 poin.

Dengan lima laga tersisa, Atletico hanya punya kesem­patan meraih maksimal 86 poin. Untuk mengamankan gelar juara, Barca pun cuma butuh satu laga lagi.

Satu keuntungan dimiliki Barca dengan menang head to head atas Atletico. Laga terdekat akan dijalani Barca dengan menghadapi Deportivo La Coruna di Estadio Riazor, Senin (30/4).

Persaingan dengan Madrid juga belum tertutup. Madrid masih bisa menyamai poin Barca saat ini, 83 poin yang sekaligus menjadi poin maksimal Madrid dengan lima laga tersisa. Madrid juga masih menyimpan satu laga El Clasico lagi, dengan Barca menang 3-0 pada putaran pertama.

Seperti dikutip dari Sport, Barca masih bisa tergeser dari puncak klasemen jika Madrid menang lima laga beruntun dan mengalahkan Barca pada El Clasico dengan selisih minimal empat gol.

Itu untuk menutup defisit tiga gol itu. Sudah begitu Barca harus kalah dalam lima pertandingan tersisa.

Atletico akan menjalani pertandingan pekan ke-34 paling awal. Atletico akan menghadapi Real Betis di Wanda Metropolitano, Senin (23/4) dini hari WIB.

Jika Atletico imbang atau kalah, Barca hanya butuh hasil seri atas Deportivo untuk menjadi juara liga.

Perayaan Barca menjadi juara bahkan bisa lebih cepat. Itu terjadi jika Atletico kalah dari Betis dan Madrid tak meraih kemenangan dari Leganes pada 28 April.

Bagi Luis Suarez, kemenangan itu tak cukup mengobati luka Barca. Blaugrana memang baru disingkirkan AS Roma di babak perempatfinal Liga Champions.

Setelah menang 4-1 di Camp Nou pada leg pertama, tim besutan Ernesto Valverde kalah 0-3 di Olimpico pada leg kedua, dan tersingkir usai kalah produktivitas gol tandang meski agregatnya 4-4.

”Keadaannya sulit, dan dan kami harus mengubahnya. Ini tidak bisa menutupi apa yang terjadi di Roma, tapi ini adalah trofi yang penting,” kata Suarez ke TV Espana yang dilansir ESPN. (rur)