25 radar bogor

Harga Lahan Terus Naik

FOTO: MELDRIK/RADAR BOGOR TERUS MEMBANGUN: Salah satu proyek properti di kawasan Cimanggis.
CIBUBUR–RADAR BOGOR, Kawasan Transyogi–Cibubur terus menggeliat seiring masifnya pembangunan infrastruktur yang mempermudah akses kawasan dengan Jakarta. Setidaknya, saat ini tengah dibangun proyek Jakarta Outer Ring Road rute Cimanggis-Cibitung (JORR 2) dan jaringan kereta ringan light rail transit (LRT)  yang diyakini akan membuka akses tanpa batas bagi transportasi dan mobilitas warga yang bermukim di sepanjang jalur tersebut.
”Kami ingat saat pertama kali jual lahan perumahan itu hanya Rp500 ribu per m2 pada 2009. Sekarang, harga lahan kosong saja sudah Rp3 jutaan.
Kalau infrastruktur yang dibangun pemerintah bersama investor swasta itu selesai dibangun, saya yakin dalam dua tahun mendatang harga lahan di kawasan ini akan naik lebih kencang lagi,” ujar Chief Executive Officer (CEO) Harvest City Hendry Nurhalim.
Ia menambahkan, untuk harga lahan Rp3 juta per m2 saat ini masih tergolong murah bila dibandingkan dengan harga lahan di kawasan elite sekitarnya yang sudah mencapai Rp8 juta per m2 hingga Rp15 juta per m2. ”Artinya ada peluang capital gain yang cukup besar di sana dalam jangka waktu dua tahun ke depan,” bebernya.
Apalagi, saat ini, manajemen Harvest City sedang menawarkan kavling hunian siap bangun sebanyak 20 unit dengan ukuran 120 m2 hingga 200 m2. Mengingat harga yang masih tergolong murah (Rp3 juta per m2) maka prospek untuk meraup capital gain juga sangat tinggi, bisa dua atau tiga kali lipat.
”Tahap pertama untuk menarik investor perorangan itu adalah dengan menyediakan kavling siap bangun di empat klaster. Ada sekitar 20 kavling yang kami sediakan,” tambah  Marketing Manager Harvest City Leonard Suprijatna.
Dalam perhitungan, minimal potensi capital gain yang akan diraih pembeli adalah penyesuaian harga ke tingkat harga pasaran di sekitar kawasan tersebut.
Diketahui, harga pasaran terkini berada di kisaran Rp8 juta per m2.  ”Di samping pembangunan infrastuktur kawasan oleh pemerintah dan perusahaan infrastruktur, kami juga giat membangun fasilitas dalam perumahan. Ini jelas akan menaikan harga lahan dalam kawasan kami secara cepat,” pungkasnya.(rzy/cr3/ind)