25 radar bogor

Akui Bermasalah, Mendikbud: Server UNBK Overload

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memantau langsung UNBK SMP di Timika.

TIMIKA – RADAR BOGOR, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy memantau langsung pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP yang mulai digelar Senin (23/4) di beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Mimika.

Dari lima sekolah yang dikunjungi, hanya dua sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yaitu SMP Negeri Sentra Pendidikan dan SMP Negeri 2 Mimika. Sementara dua sekolah lainnya yaitu SMP Negeri 3 Mimika dan SMP YPPK St Bernadus masih menerapkan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Gangguan terjadi pada pelaksanaan UNBK yang dialami sejumlah daerah termasuk Mimika. Mendikbud yang ditemui disela-sela kunjungannya di SMP Negeri 2 Mimika, salah satu sekolah pelaksana UNBK mengatakan, gangguan terjadi pada server, namun hanya berlangsung selama setengah jam. Setelah itu UNBK bisa dilanjutkan.

“Kapasitasnya sangat overload karena tahun ini terjadi pelonjakan peserta ujian nasional, SMP yang ikut meningkat dibanding tahun lalu, sehingga kapasitasnya tidak memadai, diluar perkiraan kita,” ujarnya.

Ia mengatakan, hal ini akan menjadi evaluasi dan diharapkan tidak terjadi lagi tahun depan. Namun ditegaskannya, gangguan server tidak menganggu ujian nasional karena jadwal sekarang sangat fleksibel termasuk pembagian shift.

Hal lain yang sudah diantisipasi adalah gangguan aliran listrik. “Aliran listrik sudah kita bisa atasi dengan baik, cuma servernya yang masih bermasalah, mudah-mudahan tahun depan kita bisa,” ujar Mendikbud.

Mendikbud juga mengungkapkan bahwa masih banyak sekolah yang belum menggelar UNBK. Misalnya saja di Mimika, dari 40 sekolah baru 14 yang UNBK. Penyebabnya, adalah kurangnya sarana komputer. Terkait hal ini ia menegaskan bahwa daerah tidak mungkin mengandalkan pemerintah pusat, karena bantuan sudah mulai dikurangi untuk bantuan yang sifatnya fasilitas dan fisik.

“Karena itu harus ada kerjasama dengan pemerintah daerah setempat karena itu kedatangan saya di sini termasuk untuk membujuk, mengimbau kepada pemda untuk bersama kita segera menyiapkan fasilitas yang memadai sehingga makin banyak fasilitas yang ikut UNBK,” tandas Mendikbud. (sun/ysp)