25 radar bogor

Ajak Masyarakat Hidup Sehat,Cara IIDI Peringati Hari Kartini

PERIKSA KESEHATAN: Warga saat diperiksa kesehatannya dalam kegiatan Bulan Bakti Istri Dokter tahun 2018 di Stadion Pakansari, kemarin (22/4).

CIBINONG–RADAR BOGOR, Hari Kartini yang jatuh 21 April diperingati berbagai kalangan, tak terkecuali Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Kabupaten Bogor. Bertepatan dengan peringatan tersebut, IIDI juga menggelar beragam kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Plaza Utara Stadion Pakansari, Minggu (22/4).

Kegiatan yang dikemas dalam Bulan Bakti Istri Dokter tahun 2018 ini, mengusung tema Tingkatkan Ketahanan Keluarga dengan Perilaku Sehat dan Bersih melalui Germas.

Ketua Panitia Bulan Bakti Istri Dokter tahun 2018, Melina Fitri Andria Jonas mengatakan, selama bulan April, IIDI Kabupaten Bogor disibukan dengan beragam kegiatan.

“Di pekan pertama, diisi dengan senam dan penyuluhan narkoba di Gunung Sindur, pekan keduanya kegiatan dilakukan di posyandu. Dan hari ini (kemarin, red), kami melakukan gebyar Germas di Stadion Pakansari,” ujar Melina, kepada Radar Bogor.

Menurutnya, kegiatan sendiri diawali dengan rangkaian kegiatan senam sehat, aerobik massal, pemberian buah dan sayur, donor darah serta pemerik­saan kesehatan gratis,” ucapnya.

Lebih lanjut Melina menga­takan, Gebyar Germas kali ini turut didukung oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabu­paten Bogor, dengan meli­batkan langsung masyarakat di dalamnya. Stadion Pakansari pun dipilih menjadi lokasi penyeleng­garaan agar mudah berinteraksi dengan masyarakat. ”Agar berbaur dan merangkul masyarakat,” tuturnya.

Ada tiga point yang disosialisasikan, sambung Melina, yang pertama mem­budayakan aktifitas fisik secara rutin, direpresentasikan dengan senam dan aerobik massal yang diikuti lebih dari 1.000 warga.

Kedua membudayakan makan buah dan sayur dan ketiga pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan pemeriksaan kesehatan gratis, target 150 orang pun terpenuhi.

”Penutupan dilakukan dengan mengadakan tes IVA serta penyuluhan kanker di pekan terakhir,” ucapnya.

Sementara, Ketua IIDI Kabupaten Bogor, Yuyu Yulia Surahman menuturkan, IIDI merupakan organisasi yang bergerak dibidang medik sosial. IDI dari sisi medik, dan IIDI dari sisi sosial untuk mengge­rakkan masyarakat menjadi generasi yang sehat.

“Kita mendukung IDI yang bergerak di bidang kesehatan, dan IIDI mendukung di sosialnya,” tukasnya.(wil/c)