25 radar bogor

Prabowo Diprediksi Bakal Digantikan Gatot, Wapresnya TGB

Gatot Nurmantyo saat masih menjadi Panglima TNI.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Mantan Ketua Konstitusi (MK) Mahfud MD memperkirakan Prabowo Subianto batal mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) di pemilihan presiden (pilpres) 2019. Mantan Panglima TNI, Jenderal (purn) TNI Gatot Nurmantyo yang bakal menggantikannya.

Dugaan itu muncul sebab jika dilihat dari pernyataan di publik, Prabowo dan dan beberapa penopang utamanya seperti Hashim Djojohadikusumo terkesan belum mantap 100 persen terhadap pencalonan mantan menantu Presiden Soeharto itu.

“Pernyataan-pernyataan di pers itu Pak Prabowo dan orang yang penopang paling kuat Pak Prabowo, Pak Hasyim mengatakan belum tentu nyalon,” ungkap Mahfud di DPP PSI, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (22/4).

Sementara, di sisi lain Gatot selalu menunjukan hasratnya terjun di pesta demokrasi 2019 kerap kali mengeluarkan statemen bahwa dia siap menjadi capres. Meski demikian, Mahfud menyakini situasi politik saat ini masih sangat cair sehingga dapat berubah sewaktu-waktu.

“Saya pribadi cuma ngukur gitu aja, terus timbul dugaan akan ke sana, mungkin. Tapi segala sesuatu bisa saja terjadi,” imbuhnya.

Lebih lanjut Mahfud mengatakan jika Gatot maju sebagai capres, untuk posisi cawapres paling potensial dipegang oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) di urutan berikutnya.

“Kalau membaca dari opini publik, di medsos, di koran-koran, nampaknya Anies pertama baru yang kedua TGB,” pungkas Mahfud. (ysp)