25 radar bogor

Pengungsi Capai 3.506 Jiwa

 

BANJARNEGARA–Tiga hari pascagempa, upaya pemulihan terus dilakukan pemerintah pusat bersama Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kemarin (21/4), jumlah pengungsi telah mencapai angka 3.506 jiwa.

Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan bahwa jumlah pengungsi terus berubah. Mobilitas pengungsi masih tinggi sehingga menyulitkan pendataan. Selain itu, masih banyak perpindahan pengungsi dari satu titik ke titik pengungsian yang lain, terlebih tidak semuanya melapor ke petugas.

Jumlah pengungsi yang terdata sementara adalah sebanyak 908 kepala keluarga (KK) atau 3.506 jiwa yang tersebar beberapa tempat di Kecamatan Kalibening. Meliputi Desa Kasinoman (1.314 KK, 1.293 jiwa), Desa Kertosari (178 KK, 534 jiwa), Desa Plorengan (46 KK, 168 jiwa), Desa Sidakangen (151 KK, 613 jiwa), Kalibening (48 KK, 180 jiwa), Karanganyar (149 KK, 650 jiwa), Majatengah (4 KK, 15 jiwa), dan Kalisat Kidul (1.18 KK, 53 jiwa).

Selain itu, 187 jiwa tercatat telah mendatangi di 4 pos pelayanan kesehatan. ”Rata-rata diagnosa penyakitnya adalah hipertensi, diare, dan trauma psikis,” kata Sutopo kemarin.

Kepala BNPB Willem Rampangilei terus melaporkan perkembangan penanganan dampak gempa yang terjadi di Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah kepada presiden RI. Presiden terus memantau perkembangan penanganan dampak gempa di Banjarnegara.

Sutopo menjelaskan, presiden telah memerintahkan agar BNPB mengoordinasi potensi pemerintah pusat untuk mendampingi dan membantu Pemda Banjarnegara agar penanganan korban jiwa dan kebutuhan dasar bagi pengungsi dapat tercukupi.(tau)