25 radar bogor

Pasar Harus Direvitalisasi

PEDULI: Fajar Riza Ul Haq (kaos putih) berdialog dengan para pedagang Pasar Bojonggede.

BOGOR–RADAR BOGOR, Meski masih belum masuk tahapan pemilihan legislatif, politisi PSI yang berniat maju menjadi caleg DPR RI dapil V Jawa Barat, Fajar Riza Ul Haq, Sabtu (21/4) sudah blusukan ke Pasar Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Didampingi beberapa relawannya, mantan direktur eksekutif Ma’arif Institute ini memulai menyerap di warung makan milik Ibu Eni (56). Tanpa rasa kaku, menggunakan celana jeans panjang dengan sporthem putih, berlogokan PSI di dada sebelah kiri, Fajar langsung memesan gado-gado yang merupakan salah satu makanan favoritnya.

Kedatangan pria yang saat ini menjabat sebagai staf khusus Menteri Pendidikan Muhadjir Effendi tersebut, bersama beberapa relawannya mendapat banyak sorotan dari para pedagang dan pengunjung pasar. Karena selain melakukan sosialisasi sebagai caleg DPR RI untuk Kabupaten Bogor, Fajar juga berinteraksi terkait keluh kesah dan harapan yang diinginkan dari pengunjung pasar tersebut.

Dari beberapa masukan yang disampaikan, ada harapan dilakukannya perbaikan di pasar yang statusnya milik desa. Menurut Hendi (43) pedagang ikan segar, menjelaskan bahwa perbaikan pasar selama ini dilakukan atas dasar iuran bersama yang dilakukan inisiatif pedagang dan pejabat desa.

Dari hasil blusukan di pasar Bojonggede, menurut Fajar, jika merujuk dari tujuh kriteria pasar yang ideal dan maju, seperti pasar harus bersih dan sehat, tertib hukum, menjual produk dalam negeri, pasar harus melindungi konsumen, melestarikan lingkungan, menjaga identitas dan harus memiliki harga yang baik, Fajar menilai ada 1 poin yang harus diperhatikan.

”Meski statusnya pasar desa, namun Pasar Bojonggede ini terhitung sangat padat dan sering dikunjungi. Jika dilihat dari tujuh kriteria pasar yang ideal, ada hal yang harus diperbaiki diantaranya pasar harus bersih dan sehat, sehingga baiknya dapat segera direvitalisasi,” beber pria yang menulis buku Membela Islam, Membela Kemanusiaan, itu. (*/gal)