25 radar bogor

Cara Rutan dan Lapas Gunung Sindur Peringati Hari Bakti Pemasyarakatan

BERBAGI: Kepala Lapas Gunung Sindur David Hasudungan Gultom menyerahkan bantuan kepada siswa SDN Cibinong 3, kemarin (20/4).

Berbakti kepada masyarakat bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan Lapas dan Rutan Gunung Sindur, kemarin (20/4). Mereka bersama puluhan warga binaan bersih-bersih di SDN Cibinong 3, Desa Gunung Sindur, Kecamatan Gunung Sindur. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-54.

Laporan: Fikri Habibullah Muharram

Kepala Lapas Gunung Sin­dur David Hasudungan Gultom menjelaskan, Hari Bakti Pe­ma­­s­yarakatan me­rupakan mo­­mentum yang tepat untuk menyosialisasikan kebera­­da­an lapas kepada masyara­kat. Warga, kata dia, harus bisa membedakan bahwa lapas bu­kanlah penjara, namun su­dah bertransformasi menjadi lembaga pemasyarakatan se­kaligus pembinaan.

”Nah sekarang ini adalah pem­buk­tiannya, memliki warga binaan yang bisa bermanf­aat untuk masyarakat, salah satu­nya mem­buat bak sampah dan penge­catan dinding SDN Ci­binong 3,” ujar David.

Ia menambahkan, kegiatan ini menjadi cara bagaima­na la­­pas dan rutan bisa me­ma­nu­siakan manusia. Yakni de­­­­ngan memberikan kontribu­si nyata bagi masyarakat me­la­lui per­baikan fasilitas umum yang ada di sekitaran SDN Cibinong 3.

”Alham­dulillah, kami di­­ba­ntu juga oleh Mus­pika Gu­nung Sin­dur, dari un­sur sekolah dan mi­t­ra-mitra yang lain,” paparnya.

Kegiatan Lapas dan Rutan Gunung Sindur ini pun di­sambut baik oleh Kepala SDN Cibinong 3 Mukron Raisaz. Ia mengatakan, kegiatan ini mem­beri dampak positif ter­ha­dap sekolah.

”Saya sangat berterima ka­sih kepada Lapas dan Rutan Gu­nung Sindur yang te­lah mem­­berikan tas serta alat tulis untuk siswa-siswi dan kegiatan so­sialnya, tentunya ini sangat besar manfaatnya. Selain men­jadi lebih nyaman, lingkungan juga semakin ber­sih,” pungkas Mukron.

Pantauan wartawan koran ini, para warga binaan juga secara gotong royong mem­buat kursi taman di hala­man sekolah.(*/c)