25 radar bogor

Belum Resmi, Sudah Diserbu Warga

(Sofyansyah/Radar Bogor) GEMBIRA: Meski belum diresmikan warga sudah menggunakan Taman Situ Plaza Cibinong, kemarin (20/4).

CIBINONG–RADAR BOGOR,Taman Situ Pla­za Cibinong semakin ramai di­kunjungi masyarakat Ka­bupaten Bogor. Padahal, taman yang berada tak jauh dari kompleks perkantoran Pemkab Bogor itu belum resmi dibuka dan diserahterimakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemkab Bogor.

Namun, Bidang Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Di­nas Peru­mahan, Kawasan Pemu­ki­man, dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor telah melakukan perawat di taman yang pembangunannya menelan APBN sebesar Rp5 miliar tersebut.

”Memang be­lum diserah­terimakan karena masih da­lam masa pemeli­haraan. Tapi, ka­rena sudah mu­lai ramai ak­­ti­vitas ma­sya­rakat, kami ma­­­suk untuk menjaga keber­sihan­­nya,” ujar Kepala Bidang PSU DPKPP Kabupaten Bogor Asep Sulaeman.

Kebersihan taman, kata dia, tidak hanya mengandalk­an pesapon milik Pemkab Bo­gor, tapi juga menggandeng ko­munitas untuk menjaga taman aktif pertama dan satu-satunya di Bumi Tegar Beriman itu.

”Kalau mengandalkan petu­­gas saja, ya, repot. Itu kan ta­man untuk masyarakat. Ma­ka ka­mi ingin mengajak masyara­kat untuk menja­ga­nya,” kata dia.

Ditemui di kesempatan ber­beda, Kepala Bappedalitbang Syarifah Sofiah menegaskan, Kementerian PUPR lewat Sa­tuan Kerja Penataan Bangu­nan dan Lingkungan (Satker PBL) Provinsi Jawa Barat, memang belum menyerahkan penge­lolaan Taman Situ Plaza Cibi­nong kepada Pemkab Bogor.

Namun, wanita yang ak­­rab disapa Ifah itu melihat an­tu­siasme masyarakat sangat ting­gi.

”Tapi di sisi lain be­lum ada pe­nyerahan aset dari pu­sat ke kita. Jadi perlu ada lang­­kah pe­nga­manan dan per­sia­pan ope­rasionalnya supa­ya tetap kondu­sif dan nyaman,” ujarnya.

Ifah pun mengakui jika be­berapa fasilitas di taman itu rusak dan hilang. Karena­nya, dia berharap, masyarakat ikut menjaga Taman Situ Pl­aza Cibinong.

”Kami harap ma­s­yarakat ikut menjaga dan me­nyayangi taman yang te­lah dibangun ini. Karena nan­ti pembangunan akan dilan­jut­kan ke area Situ Cibinong,” tandasnya.(wil/c)