25 radar bogor

Ulos Asimetris, Modern dan Santai

GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ASIMETRIS: Vanetta Florentina Hartanto (kanan) dan Vanessa Florencia dalam balutan rancangan Anna Budiman.

RUPA eksotis Pulau Samosir di Sumatera Utara menjadi inspirasi desainer Anna Budiman untuk karya musim semi tahun ini. Busana ready-to-wear berjudul Les Femmes Samosir adalah karya terbarunya yang ditampilkan pada Indonesia Fashion Week 2018.

Sekembalinya dari ibu kota, Anna membuat preview koleksi sebelum menuju ke Hongkong Fashion Week Juni mendatang.

Desainer lulusan KvB Institute of Technology, Sydney, itu mengeluarkan 12 koleksi. Dia berkreasi dengan ulos yang didesain modern hingga terkesan lebih santai dan kasual. Ulos ditenun dengan benang emas dan perak sehingga menghasilkan efek kilau saat dikenakan.

’’Ulos lekat dengan per­helatan resmi dan upacara adat. Saya ingin membuat inovasi agar pakaian bisa dikenakan sehari-hari maupun saat pesta cocktail,” ucapnya.
Anna dikenal sebagai desainer yang memadukan banyak teknik pemotongan.

Dia menerapkan sejumlah pola asimetri untuk terusan, celana, dan rok. Misalnya, koleksi yang dikenakan Vanetta Florentina Hartanto, salah seorang model.

Gadis 17 tahun itu mengenakan setelan dengan detail menonjol pada bawahannya. Vanessa Florencia Hartanto, saudara kembarnya, tampil lebih feminin dengan terusan longgar.

Kepala harimau menjadi fokus ornamen yang diunggulkan. Teknik manipulasi kain dan bordir sekilas membuat penampilannya mirip perempuan Thailand. ’’Penampakan kainnya memang mirip sutra Thailand,” tambah Anna. Yang menjadi pembeda adalah penyematan potongan ulos di beberapa bagian.(esa/c18/jan)