25 radar bogor

Ngaji Keliling Kampung

PENGAJIAN BULANAN: Suasana pengajian bulanan yang berlangsung di Desa Waru, Kecamatan Parung, belum lama ini.

Parung–RADAR BOGOR,Pemerintah Desa (Pemdes) Waru tidak main-main dalam menyebarkan syiar agama. Hal itu dilaku­kan sebagai salah satu poten­si pemersatuan masyarakat. Ber­­bagai kegiatan dari mulai pemberdayaan karang taruna, PKK, bahkan sampai pe­nga­jian bulanan rutin dija­lan­kan secara konsisten.

Sekretaris Desa (Sekdes) Waru, Muhammad Mansur men­jelaskan, salah satu cara untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat adalah pe­­ngajian di seluruh kampung.

”Berlangsung setiap pekan pertama. Ini sudah jadi ru­ti­nitas kami. Masyarakat sela­lu hadir, jumlahnya pun bi­­sa men­capai ratusan,” ujar­nya saat meng­hadi­ri pe­nga­jian bul­­anan di Kam­pung Waru RT 03/04, beberapa waktu lalu.

Para pemuda pemudi yang tergabung dalam Ikatan Re­ma­ja Masjid (IRM), turut di­­li­bat­­kan sebagai panitia pe­­nye­leng­gara. Tak hanya itu, para mubalig yang kom­peten selalu diundang untuk mengisi pengajian. ”Bulan ini di Kam­pung Waru, dan berikutnya di tempat lain. Tua muda se­lalu hadir,” ucap Mansur.

Mansur berharap, melalui kegiatan pengajian bulanan rutin Desa Waru, keakraban dan persatuan lintas masya­rakat semakin terjalin akrab. ”Apalagi ini momennya pe­milu. Saya berharap penga­jian ini menjadi pemersatu dan bisa meminimalisasi perpe­cahan dari setiap perbedaan,” pungkasnya.(cr3/b)