25 radar bogor

Geger! Beredar Soal Berbau Seks Bebas di US SMP

RADAR BOGOR-Media sosial digegerkan dengan beredarnya foto mengenai soal Ujian Sekolah (US) tingkat SMP 19 April 2018 yang mencamtunkan salah satu pertanyaan mengenai seks bebas.

Soal itu pertama kali diunggah oleh akun @sitti musdalifah, ditujukan ke akun group facebook @Forum Guru Indonesia. Siti Musdalifah kemudian mempertanyakan soal US PJOK tingkat SMP tanggal 19 April 2018 itu.

Dalam soal tersebut, ada pertanyaan nyeleneh yang harus dijawab para siswa. Yakni, mengenai tempat yang sering digunakan melakukan seks bebas.

Berdasarkan hasil penelitian, tempat yang paling banyak digunakan untuk melakukan seks bebas adalah di….

  1. Rumah
  2. Taman
  3. Mobil
  4. Hotel

Sontak, beredarnya soal US SMP itu pun mengundang komentar bahkan kecaman dari warganet. Pasalnya, pertanyaan seperti itu tak layak diujiankan untuk siswa tingkat SMP, karena secara tidak langsung mengajarkan kepada mereka bahwa tempat-tempat tersebut bisa digunakan untuk seks bebas.

“Tim pembuat soal tdk punya etika.dan moral… sacra tdk langsung mngajrkan kpd peserta didik… telusuri,” kata akun Suryana Ahmad.

“Aneh, kok soal seperti itu bisa lolos cetak ??  Padahal kan ada korektor atau koordinator,” kata akun Awaludin Adithya.

“Banyak kalimat dlm bhsa untuk membuat soal,,,,yg baik, yg bertanggung jwab si pembuat soal, kt membacany aja risih,” tulis akun Mariatun Atun.

“Hah, soal US zaman Now meren, Mungkin untuk mengetahui seberapa pemahaman siswa SMP tentang seks bebas. +thinking aja,” kata akun Muli Bgt Putrie Kayonk. (ysp)