25 radar bogor

Bikin KTP Sehari Jadi

SEHARI JADI: Kelurahan Mekarsari membuat terobosan pembuatan e-KTP sehari jadi.

CIBUBUR–RADARBOGOR, Pemerintah Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, mengeluarkan inovasi terbarunya. Yaitu, pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) yang bisa langsung jadi dalam sehari. Terobosan itu dilakukan lantaran masih ada sekitar tiga ribu warga Mekarsari yang belum memiliki KTP-el.

Padahal, dua bulan lagi pemilihan gubernur Jawa Barat akan dilakukan. Otomatis ribuan warga yang belum memiliki KTP-el terancam tidak bisa menggunakan hak pilihnya.

“Ini perdana Kelurahan Mekarsari melakukan gebrakan pembuatan KTP-el hanya dalam waktu satu hari sudah bisa langsung jadi. Tapi ini masih uji coba supaya bisa mempercepat pencapaian seratus persen pembuatan KTP-el,” ujar Lurah Mekarsari Suryadi.

Dia menjelaskan, pada uji coba hari pertama masyarakat sangat antusias untuk melakukan perekaman serta pembuatan KTP-el. Itu terbukti dengan banyaknya warga yang rela berdesakan dan memenuhi kantor kelurahan untuk membuat KTP.

Meski begitu, masih saja ada masalah teknis dalam proses perekaman. “Tadi padi jam 8 sampai jam 10 pagi (kemarin, red) servernya sempat eror dan tidak bisa dilakukan perekaman,” bebernya.

Suryadi menambahkan, pembuatan KTP-el sehari langsung jadi ini, selain untuk keperluan pelaksanaan Pilkada Jabar, juga merupakan bagian dari program Gebrakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan. “Semoga hari selanjutnya tidak ketemu kendala. Dan benar-benar dapat dicetak dalam waktu satu hari,” pungkasnya.(cr2/c)