25 radar bogor

Bangkitkan Budaya Gotong Royong

CIJERUK-RADAR BOGOR,Pemerintah Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk bersama mas­yarakat kembali menggalakkan gotong royong dengan membersihkan sampah di sepanjang jalur protokol, Kamis (19/4).

Gotong royong tersebut dimulai dari wilayah sekitar desa hingga di jalan lingkungan.

Kerja bakti juga melibatkan Bha­binsa dan Bhabinkamtibmas setempat, pemuda dan juga tokoh masyarakat.

Sekretaris Desa (Sekdes) Palasari Neneng Kusumawidae menjelaskan, kerja bakti tersebut sebagai peringatan hari bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM) yang dilaksanakan selama tiga bulan ke depan yaitu Maret, April, hingga Mei mendatang.

Untuk Palasari, kata dia, diawali dengan membabat rumput-rumput liar yang tumbuh di pinggir jalan. Selain itu, aliran sungai juga tak luput dibersihkan.

“Sampah yang dikumpulkan lalu dibakar,” paparnya.

Menurutnya, gotong royong merupakan tradisi dan budaya masyarakat Indonesia yang sudah menjadi warisan turun-temurun dari generasi terdahulu. Dimana, gotong royong tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai bagian dari sistem nilai budaya bangsa.

“Mudah-mudahan kegiatan BBGRM yang sudah kita laksanakan menjadi momentum masyarakat sadar kebersihan dan membangkitkan kembali budaya gotong royong yang sudah hampir hilang,” tutupnya.(dka/c)