25 radar bogor

101 TKI Hanyut di Selat Singapura

F. Cecep Mulyana/Batam Pos PRIHATIN: Ratusan TKI tiba di Pelabuhan Batuampar, Kamis (19/4). Mereka dievakuasi oleh Kapal Baladewa Polair Mabes Polri setelah terombang-ambing di perairan Singapura.
BATUAMPAR–RADAR BOGOR,Sebanyak 106 penumpang yang terdiri 101 tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal dan lima awak speedboat melompat ke laut saat speedboat yang mereka tumpangi kepergok kapal patroli Singapura di perairan Horsbourgh Selat Singapura, Kamis (19/4) sekitar pukul 02.30 WIB.
Kepala Ops PPLP Tanjunguban, Sugeng Riyanto mengatakan, pihaknya menerima informasi awal dari SROP Tanjunguban.
”Lokasi kejadiannya di koordinat GPS 01-19-049 N/104-22-543 E,” ujar Sugeng, kemarin.
Mengetahui hal tersebut, berbagai satuan di Kepri langsung mengerahkan armada ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelematan.
Armada yang dikerahkan antara lain; KP Baladewa dari Polda Kepri, KP Bangau, KN SAR Purworejo, dan KAL Mapor. Pihak Singapura juga mengerahkan Police Coast Guard, PH 051, PH 055, dan PH 057. Sedangkan unsur Malaysia mengerahkan Kapal Diraja Kenyang untuk membantu penyelamatan.
”Korban tenggelam telah berhasil dievakuasi,” ujarnya.
Komandan KN Sarotama P-112, Desi Susanti menyampaikan kejadian bermula saat speedboat yang membawa penumpang 101 TKI bergerak dari Malaysia ke Indonesia.
”Informasi yang kami terima dari KP Baladewa kapal akan merapat ke Batam atau Bintan,” katanya.
Setiba di perairan Selat Singapura, tepatnya di posisi koordinat GPS: 01-19-049 N/104-22-543 E, kapal patroli Singapura yang kebetulan melakukan patroli memergoki speedboat yang membawa penumpang TKI ilegal tersebut. Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini (met/ska/gie)