25 radar bogor

Saatnya Menjadi Juragan Usia Sekolah

WIRAUSAHA MUDA: Para siswa SMK se-Kecamatan Cileungsi mengikuti kegiatan Juragan Usia Sekolah (JUS) yang dilaksanakan di SMK Pariwisata Metland, kemarin (18/4).

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Antusiasme menjadi wirausahawan kini banyak ditekuni sejak usia sekolah. Seperti ratusan siswa SMK se-Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, yang meng­ikuti pelatihan kewirausahaan yang merupakan program Juragan Usia Sekolah (JUS) di SMK Pariwisata Metland, kemarin (18/4).

Kepala SMK Pariwisata Met­land Dharmawan Sunarja mengatakan, pihaknya ingin merangkul sekolah-sekolah kejuruan yang ada di Cileungsi dan Cibubur untuk mengambil peran dalam mengembangkan program kewirausahaan.

Menu­rutnya, siswa-siswi SMK saat ini banyak yang memiliki kemam­puan namun tidak dikem­bangkan. ”Nah itu yang ingin kami kem­bangkan. Karena SMK itu jangan hanya mencetak pegawai, namun SMK juga harus mampu mencetak JUS,” katanya.

Dia menjelaskan, 27 sekolah di wilayah Cileungsi dan 10 SMK se-Bogor Timur turut diundang dalam kegiatan tersebut. Dia menilai, banyak potensi usaha yang bisa dikembangkan, seperti kuliner, cleaning service, pengelola pesta pernikahan, dan event organizer. ”Nantinya kami juga akan mengadakan pelatihan EO dan multimedia yang akan dikemas dengan wirausaha,” tuturnya.

Dharmawan berharap, kegiatan ini dapat mengembangkan kreativitas, inovasi, serta kemandirian siswa-siswi SMK. Sebab, mereka berbeda dengan generasi sebelumnya.

Generasi zaman now sudah lebih smart, berani serta kreatif. Maka hal inilah yang perlu didorong oleh sekolah-sekolah setelah melihat potensi yang dimiliki para muridnya.

”Sekolah harus memfasilitasi seperti bekerja sama dengan industri, karena industri senang mendapatkan anak-anak SMK  yang kreatif,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, turut hadir Direktur Pembinaan SMK Direk­torat Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Bahrun dan Kepala Cabang Dinas Pen­didikan Wilayah 1 Kabupaten Bogor Asep Sudarsono. (cr2/c)