25 radar bogor

Perbaikan Jembatan Masuk Pos Rutin

NELVI/RADAR BOGOR RAWAN: Tampak kondisi turap jembatan yang hampir ambrol karena longsor di Kampung Balubur Baru Muarasari.

BOGOR–RADAR BOGOR,Jembatan yang nyaris ambrol di Balubur Baru Kelurahan Muarasari, Keca­matan Bogor Selatan, sudah masuk tahap lelang untuk per­baikan. Demikian dite­gaskan Camat Bogor Selatan, Sujatmiko, saat dihubungi Radar Bogor kemarin (18/4).

“Sudah kami laporkan mengenai longsor dan rawan ambruknya jembatan. Beberapa kali juga sudah ditinjau dan dilihat bagai­­mana kondisinya oleh pihak PUPR ke lokasi untuk ditindaklanjuti,” bebernya.

Menurut Sujatmiko, ambrolnya jembatan sepanjang delapan meter dengan lebar tiga meter dan tinggi tujuh meter dari sungai itu, karena turap tanah di sekitarnya mengalami longsor pada akhir Februari lalu. Jembatan yang kini hanya bisa dilewati satu kendaraan roda dua secara bergantian itu, kata dia, memang sudah dibuatkan laporannya mengenai harapan warga untuk segera diperbaiki. Lantaran, jembatan ini menjadi jalan alternatif satu-satunya yang menghubungkan beberapa daerah di Bogor Selatan.

“Saat ini, menurut informasi dari pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor, perbaikan jembatan tersebut masih dalam proses lelang,” tegasnya. Untuk besaran biaya dan sebagainya, ia tidak mengetahui dengan pasti, lantaran itu ditangani pihak PUPR langsung.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas PUPR Kota Bogor Satia Mulya mengatakan, perbaikan jembatan Kali Ciawi yang bermuara ke Sungai Cipakan­cilan itu akan ditangani melalui pos kegiatan rutin saja.

Sebab, tidak ada paket pekerjaan jembatan reguler pada 2018 ini. “Belum ada anggaran untuk jembatan di tahun ini. Tapi sudah kami coba usulkan untuk anggaran di tahun depan. Karena longsornya kan baru beberapa bulan yang lalu. Tetap akan ditangani Dinas PUPR,” pungkasnya.(ran/c)