25 radar bogor

Gagas Kawasan Wisata Syariah

S. Munthe

BOGOR–RADAR BOGOR, Kampung Quran MataQu menggagas gerakan Ayo Beli Indonesia. Brand yang mengembangkan kawa­san wisata syariah di Mega­mendung, Puncak, Kabupa­t­en Bogor, itu pun semakin menggaung. Kampung Quran MataQu bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari para pemegang kebijakan dan masyarakat luas.

General Manager PT Grup MataQu Indonesia, S. Munthe mengatakan, dalam waktu de­­kat, konsep pengembangan Kampung Quran MataQu akan berjalan secara masif. Di an­taranya, meresmikan sek­tor agrowisata yang dikelola divisi MataQu Farm PT Grup MataQu Indonesia atau Kam­pung Quran MataQu.

“Kami akan membuka tu­juan wisata kebun buah je­nis unggul,” ujarnya.

Munthe menjelaskan Kam­pung Quran MataQu memili­ki beberapa divisi, antara lain, divisi pendidikan MataQu Aca­­demy yang mengatur dan me­ngelola Pondok Pesantren Tahfidz, Dauroh Tahfidz Al­quran Putra Putri MataQu, serta Wisata Quranic.

“Saat ini, 500 santri calon sarjana penghafal Alquran se­dang menimba ilmu,” imbuhnya.

Divisi Infaq Shodaqoh Um­mat MataQu Peduli, kata dia, terus menyalurkan ban­tuan sembako untuk warga binaan Kampung Quran Mata­Qu sebanyak 1.000 kepala keluarga per tahun sejak 2015 lalu.

Selain itu, menurut Munthe, saat ini dirinya bersama tim menerima banyaknya ja­ma­ah yang antusias dan ingin hidup bersama para pengha­fal Alquran di Kampung Qu­ran MataQu.

Apalagi, dengan landa­san untuk menciptakan perada­ban baru kehidupan isla­mi dan menjaga nilai-nilai agung kan­dungan Alquran, sehingga se­­makin banyak yang tertarik.

“April tahun lalu diwu­jud­kanlah project kepemili­kan kavling produktif kebun buah dan rumah kebun di wila­yah Kampung Quran MataQu,” ujarnya.
Project tersebut juga, lanjut Munthe, merupakan upaya untuk mewujudkan program Desa Emas yang menjadi salah satu program prioritas utama Kampung Quran MataQu. (mer/c)