25 radar bogor

Tanam 1.500 Pohon di eks Lokasi Banjir

ANTISIPASI BANJIR: Muspika Sukamakmur bersama LMDH dan Perhutani Wilayah Cipamingkis melakukan penanaman pohon di bekas lokasi banjir bandang, kemarin (17/4).

SUKAMAKMUR–RADAR BOGOR, Pemerintah Kecamatan Sukamakmur menggiatkan kembali gerakan penanaman pohon untuk merehabilitasi kawasan hutan dan melindungi masyarakat dari kemungkinan terjadinya bencana yang kerap terjadi di Kabupaten Bogor.

Selasa (17/4), Muspika Sukamakmur bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan Perhutani Wilayah Cipamingkis melakukan penanaman pohon di bekas lokasi banjir bandang, tepatnya Kampung Rawa Eyod, Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor.

Penanaman tersebut dilakukan di muka jalan, tempat terjadinya banjir bandang. “Ada seratus orang yang menanam pohon. Terdiri atas unsur muspika, mulai kecamatan, polsek, LMDH serta koramil,” ujar Camat Sukamakmur Zaenal Ashari kepada Radar Bogor.

Penanaman ini dilakukan selain untuk memperbaiki hutan yang rusak, juga mencegah agar tidak ada lagi bangunan liar yang dibangun di lahan Perhutani itu. “Ini kan ditanam di pinggir jalan. Hal ini agar tidak ada lagi bangunan liar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kades Sukawangi Endro Hermawanto mengatakan, penanaman pohon ini diharapkan dapat menangkal bencana banjir bandang susulan. “Nantinya ini berkelanjutan. Saat ini baru 150 pohon, berjenis pinus, pala dan jati,” tukasnya.(all/c)