25 radar bogor

Jiwai Kontur Mata, Bibir, dan Hidung sebelum Melukis

RAJIN LATIHAN: Zeta menunjukkan beberapa hasil lukisan yang sudah dibuat. Remaja 15 tahun itu mengaku lebih suka teknik portrait watercolor karena lebih ekspresif.

ZETA Ranniry Abidin menyapukan kuas berbulu runcing di atas watercolor paper. Ponsel pintar yang men-display wajah-wajah anggota grup boyband asal Korea Selatan Bangtan Boys (BTS) digenggam di tangan kiri.

Zeta mulai melukis rupa mereka dengan salah satu teknik dalam fine art, yakni portrait watercolor. Gadis 15 tahun itu mengaduk beberapa warna cat air untuk lukisan yang dibuat pada Sabtu sore (14/4) di kawasan CitraLand.

Guratan-guratan wajah mulai terbentuk di atas kertas berukuran 30 x 42 sentimeter yang khusus untuk lukisan dengan media cat air. Portrait watercolor menjadi salah satu keahlian Zeta.

’’Lebih suka portrait watercolor daripada figuratif. Soalnya harus bisa menjiwai ekspresi wajah orang yang digambar meski nggak bertemu langsung,’’ ujarnya.

Dia dengan teliti melukiskan bagian-bagian wajah para member boyband idolanya tersebut. Mulai kening, mata, hidung, sampai bibir dilukis secara perlahan. Zeta menyatakan tidak menggunakan pakem apa pun.

Dia hanya mengikuti alur imajinasi di kepalanya, kemudian menyesuaikannya dengan foto yang ada.’’Pokoknya yang aku bikin detail maksimal di mata, hidung, sama bibir,’’ paparnya.

Menurut Zeta, identitas ekspresi wajah bisa lebih dijiwai dengan menatap dalam-dalam lebih dulu tiga bagian tersebut. Seni yang terbilang sedang booming itu banyak digandrungi anak muda.

Kesan lukisan realis yang dikemas secara lebih modern dengan warna-warna yang lebih tajam menjadi kelebihan lukisan Zeta. Banyak kawannya yang mulai melirik karya-karya Zeta. Bahkan, Zeta sudah merambah ke seni interior dengan teknik tersebut.

’’Portrait watercolor kan lebih ke wajah orang ya. Jadi, aplikasinya beragam, tapi personal. Nah, kekinian banget sih, anak muda suka pasti,’’ ucapnya.(via/c15/tia)