25 radar bogor

Ingin Beli Motor, Pemuda di Ciracas Nekat Gasak Kotak Amal

ilustrasi penangkapan maling

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Gara-gara ingin tampil kece di depan pacar, FF (20) gelap mata dan menggasak uang di kotak amal Masjid Nurul Fauzan, Jalan Raya Centex Gang Galur RT 006/10 Ciracas, Jakarta Timur.

Uang curian sumbangan jamaah itu dia gunakan untuk membeli motor agar tidak malu ketika bertemu dengan sang kekasih. Namun nahas, aksinya harus berujung di jeruji besi setelah ditangkap Polsek Ciracas, Senin (16/4).

”Penangkapan pelaku berawal dari laporan warga. Di mana, aksi pelaku  ternyata terekam kamera CCTV masjid. Berbekal rekaman itu, tim langsung bergerak dan mencari identitas pelaku,” ujar Kapolsek Ciracas Kompol Agus Widar.

Tak perlu waktu lama, kata Agus, pihaknya mendapatkan identitas pelaku pencurian. Penangkapan pun dilakukan petugas terha­dap FF yang terbukti kuat melakukan aksi pencurian kotak amal. ”Pelaku kami ringkus di rumah orang tuanya, Senin (16/4),” bebernya.

Dari pengakuan pelaku, dia tergiur begitu melintas masjid dan melihat kotak amal penuh uang. Waktu beraksi, pelaku lompat pagar dan meme­cahkan kotak amal yang terbuat dari kaca.  Uang hasil mencuri kotak amal kemudian digunakan untuk membeli sepeda motor Suzuki Spin yang dibeli secara daring (online). Sepeda motor itu dibeli pelaku seharga Rp500 ribu.

”Motornya hanya STNK saja, makanya belinya murah, sementara uang sisa pencurian sebanyak Rp1.148.000, kami sita,” bebernya.

Pria pengangguran tersebut memang sangat ingin memiliki kendaraan roda dua. Terlebih saat ini pelaku tengah mencoba mendekati wanita idamannya yang dinilai perlu modal untuk diajak jalan-jalan. ”Tapi belum sempat jalan-jalan pakai sepeda motor dengan gebetannya, pelaku kami tangkap,” tutur Agus.

Saat ini, Firdaus mendekam di ruang tahanan Polsek Ciracas atas aksi pencuriannya. Dia akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian. ”Ancaman hukumannya penjara paling lama lima tahun penjara,” pungkasnya. (ind/win/cr3)