25 radar bogor

Gagal SNMPTN! Jangan Sedih, Masih Ada SBMPTN. Simak Cara Daftarnya

SERIUS: Pelamar di Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun ini jumlahnya meningkat 13 persen dibanding tahun lalu.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah diumumkan Selasa (17/4/2018), pukul 17.00 WIB. Dari hasil seleksi, siswa yang tidak lolos ternyata cukup banyak yakni 475.209 pelamar dari total 586.155 pelamar yang mendaftar SNMPTN.

Tapi, bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN, jangan bersedih, karena masih ada kesempatan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ataupun sekolah kedinasan milik pemerintah.

Bagi yang berminat masuk perguruan Tinggi Negeri (PTN), perdaftaran dapat dilakukan di laman resmi https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memilih Menu A untuk mendapatkan Kartu Akses Pendaftaran (KAP), PIN, dan Kode Pembayaran. Biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp200 ribu.

Setelah mendapat KAP dan PIN, peserta harus mengakses halaman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id dan pilih Menu B. Ini untuk melanjutkan proses dan mengisi form pendaftaran.

Adapun prosedurnya adalah sebagai berikut. Masukkan kode KAP dan PIN yang telah dicetak sebelumnya pada proses Menu A dan captcha, dan kemudian klik login.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

– Masuk ke halaman Pendaftaran SBMPTN 2018.

– Kemudian upload pasfoto. Pasfoto yang dimasukkan harus memenuhi persyaratan berukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 pixel x 600 pixel (kurang lebih 250 dpi) dalam format JPG atau PNG. Ukuran file pasfoto maksimal 100 KB.

– Jika pasfoto sudah memenuhi persyaratan, kemudian klik Simpan.

– Isi Form Biodata dengan data yang sebenar-benarnya kemudian klik tombol Simpan.

– Calon peserta kemudian mengisi Form Pendidikan dengan data yang sebenarnya lalu klik Simpan.

– Kemudian siswa mengisi Form Pilihan Prodi dan Lokasi Ujian, kemudian klik tombol Simpan. Terdapat tiga pilihan PTN dan Program studi yang dituju.

Sementara, siswa yang berminat mendaftar sekolah pendidikan kedinasan bisa mengakses menu registrasi pada alamat https://sscndikdin.bkn.go.id dan kemudian melanjutkan ke portal masing-masing kementerian atau lembaga yang dipilih. Selamat mencoba. (ysp)