25 radar bogor

Bappedalitbang Bikin Lomba Inovasi

SERIUS: Sosialisasi lomba inovasi yang diadakan Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Senin (16/4).
SERIUS: Sosialisasi lomba inovasi yang diadakan Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Senin (16/4).

CIBINONG–RADAR BOGOR, Kemajuan pem­ba­ngunan ekonomi daerah ti­­dak semata-mata karena ada­nya kelimpahan sumber da­ya alam (SDA) yang dimiliki. Akan tetapi, ditentukan juga oleh bagaimana mengelolanya agar memiliki nilai tambah, ber­­da­ya saing, unggul dan da­pat di­­kembangkan. Sehingga ber­dampak terhadap kesejahte­­raan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Bogor pun terus memfasi­litasi kegaiatan jaringan pene­litian dan pengembangan, di­fusi hasil-hasil penelitian dan inovasi pada masyarakat sert­a lomba gelar inovasi daerah.

Dalam mewujudkan visi Ka­bu­paten Bogor menjadi kabu­paten termaju di Indonesia, Ba­dan Perencanaan Pemba­ngunan Penelitian dan Pengem­ba­ngan (Bappedalitbang) Ka­­bu­paten Bogor kembali me­ngadakan Lomba Gelar Inovasi Daerah ke-3 Tahun 2018.

Kasubid Inovasi dan Teknologi Bidang Litbang pada Bappeda­litbang, Riny Kusumawati me­nuturkan, lomba ini diada­kan untuk memotivasi para inova­tor, menghasilkan karya inova­si, menampilkan dan mendi­se­minasikan hasil inovasi dan memberikan penghargaan kepada inovator.

”Kategori lomba ini ada tiga yaitu untuk pelajar tingkat SD, SMP dan SMA. Kemudian per­guruan tinggi dan ma­syarakat di 40 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Bogor,” urai Riny seusai Sosialisasi Lomba Gelar Inovasi Daerah di Bappeda­litbang, kemarin (16/4).

Riny melanjutkan, lomba kali ini mengusung tema ”Inovasi Ber­basis Potensi Wilayah untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Bogor.” Untuk pendaftaran tidak dipu­ngut biaya alias gratis, mulai Ap­ril hingga 3 Juli mendatang.

Peserta cukup menyerah­kan proposal penelitian yang di­lampirkan dengan KTP, for­mu­lir pendaftaran, dan surat per­­nyataan belum pernah menang lomba inovasi di ting­kat kabupaten/kota/propinsi/nasional.(wil/b)