25 radar bogor

Server Ngadat, 120 Siswa Ujian Susulan

SERIUS: Gara-gara server ngadat, 120 siswa SMAN 7 Bekasi terpaksa harus mengikuti ujian susulan mulai hari ini (17/4).

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA memang sudah berakhir pada Kamis (12/4) lalu. Namun, bagi yang tidak mengikuti UNBK bisa mengikuti ujian susulan yang akan dilaksanakan pada hari ini dan besok (17-18/4).

Seperti yang dialami siswa SMAN 7 Kota Bekasi. Sebanyak 120 siswa sekolah di Kecamatan Jatisam­purna itu, terpaksa harus mengikuti ujian susulan lantaran server mengalami gangguan pada pelaksanaan UNBK di hari ketiga dan keempat.

Salah satu siswa SMAN 7 Bekasi, Sopyan Adi mengaku dirinya termasuk satu dari 120 anak yang terpaksa harus melakukan UNBK susulan. Hal ini karena server mengalami gangguan sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan pada hari yang sama.

Menurut keterangannya, kendala terjadi pada salah satu lab sehingga menyebabkan siswa sesi 1, 2 dan 3 harus mengikuti ujian susulan. Keja­dian serupa terulang pada pelaksanaan hari keempat, yang menyebabkan 120 siswa tersebut baru bisa mengikuti ujian susulan sekitar pukul 15.30 WIB.

”Hari ketiga dan keempat agak terganggu karena server mengalami gangguan, kami yang ada di lab 3 terpaksa harus susulan semua, termasuk sesi 1, 2 dan 3.

Susulan sekitar tanggal 17 April. Satu kelas terdiri dari 39 sampai 40 siswa jadi total yang ikut susulan sekitar 120 siswa,” ujarnya.

Kasi Pengawasan KCD Wilayah III Provinsi Jawa Barat Mawar membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun ia mengatakan belum menerima laporan terkait siswa yang harus mengikuti ujian susulan karena gangguan server dalam pelaksanaan UNBK tahun ini.

”Itu dari pusatnya, mungkin gangguan dari pusat untuk server tertentu. Total lima sekolah yang melapor mengalami gangguan server mayoritas di wilayah timur dan utara. Tidak ada yang laporan susulan gara-gara itu, ada juga yang laporan susulan karena sakit dan orang tuanya meninggal,” bebernya.(cr3/ind)