Beranda Female

Perhatikan Pola Makan

BERBAGI
net
SEIMBANG: Konsumsi makanan berserat bagus untuk kesehatan.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, bugar, dan kulit cerah di usia “kepala empat’ ini, makanlah sedikitnya 3 sampai 4 kali sayur-sayuran serta 2 sampai 4 kali buah-buahan seharinya!

Kurangi daging-dagingan, memaksimalkan kesehatan tubuh. Dengan membatasi mengonsumsi daging adalah asuransi terbesar untuk melawan kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Tambahkan serat untuk ketajaman mata. Sudah menjadi rahasia umum jika makanan yang kaya antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, beta-karoten dapat membantu anda terhindar dari berbagai gangguan kesehatan akibat bertambahnya usia.

Kini, para peneliti di Harvard Medical School menyarankan agar mengonsumsi makanan tinggi serat karena dapat mempertajan indera penglihatan.

Lindungi tulang dengan buah-buahan dan sayur-sayuran. Tubuh Anda memroduksi asam seperti halnya pencernaan Anda. Hasilnya, kelebihan asam itu bisa menyerang tulang karena kekurangan garam kalsium (yang berfungsi menetralisir asam-asam lemak). Kelebihan asam itulah yang menyebabkan semakin bertambah usia semakin lemah pula kondisi tulangnya.

Cara potensial untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengurangi mengonsumsi daging, ikan, dan telur sebagai penyebab memproduksinya asam secara berlebihan di salah satu bagian tubuh.

Sedangkan cara efektif untuk menetralisasikannya, makan banyak buah-buahan dan sayuran agar tubuh bisa memproduksi potassium bicarbonate, yang berperan besar menetralisir kelebihan asam pada tulang.

Sepuluh Cara Tetap Sehat

Berikut 10 cara sederhana yang dapat dilakukan agar tubuh tetap sehat versi Boldsky, Senin (21/2).

1. Kurangi Aktivitas Berat
Saat muda, segala hal bisa dikerjakan. Namun saat bertambahnya usia, tetap harus menpertimbangkan kemampuan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas berat. Jangan memaksa tubuh.

2. Sadar Perubahan Hormonal
Tubuh mengalami perubahan hormonal saat usia bertambah dan bisa pula menyebabkan perubahan dalam metabolisme. Lemak di daerah perut akan semakin menumpuk.

3. Gula Darah Seimbang
Kontrol makanan yang akan membantu mengontrol kadar gula darah. Ini adalah salah satu tips terbaik untuk tetap sehat setelah 40 tahun.

4. Kurangi Kafein
Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kurang tidur. Hal ini akan membuat tubuh setelah usia 40 tahun kurang bugar.

5. Makanan Seimbang
Makanan kaya protein dan lemak baik menjadi prioritas utama. Seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan untuk mempertahankan energi tubuh.

6. Kurangi Suplemen
Jangan minum berbagai vitamin atau obat apa pun secara berkelanjutan tanpa resep dokter.

7. Cukup Tidur
Saat usia 20 tahun maka tidur cukup selama 5 jam masih sering dilakukan namun saat usia lebih tua, maka tidur 8 jam wajib dilakukan.

8. Kurangi Kalori
Kurangi asupan kalori ke dalam tubuh saat usia sudah beranjak 30-40 tahun. Hal itu akan mencegah tubuh dari berbagai penyakit.

9. Sarapan
Jangan pernah beraktivitas tanpa sarapan. Sarapan penting membuat tubuh lebih berenergi.

10. Atur Protein
Atur protein untuk membentuk otot tubuh 20-30 gram per hari.(cr1/JPG/net)

Baca Juga