Beranda Politik

Pemilih Pemula Rentan Berubah

Ilustrasi Pemilihan Umum. (dok.Jawapos)

BOGOR–RADAR BOGOR,Jelang Pilgub Jawa Barat dan Pilkada Kota Bogor, pemilih pemula rentan berubah mendukung calon kepala daerah. Ciri khas pemula selalu dinamis dan sulit permanen dalam perilaku memilih. Kondisi ini membuat KPU Jawa Barat bersama KPU Kota Bogor terus gencar melakukan sosialisasi kepada para generasi milenial tersebut. Salah satunya dengan menggelar Rock The Vote Indonesia Electainment on Campus Jawa Barat 2018 di Universitas Ibn Khaldun (UIKA), kemarin (16/4).

Komisioner KPU Kota Bogor Bam­bang Wahyu mengatakan, acara ini memang konsen kepada pemilih pemula. Generasi milenial yang suaranya sangat signifikan ini, diminta tidak apatis terhadap pemilu. ”Karena segala harkat dan martabat sebagai warga negara turut ditentukan oleh kebijakan politik hasil dari pemilu. Jadi, apatisme kita tidak bisa diperbesar untuk konteks pemilu ini,” ujarnya.

Bambang menilai, para pemilih pemula cenderung belum menen­tukan pilihan hingga hari H. Mereka masih mudah dipengaruhi oleh isu-isu dan konstelasi politik yang ada. Akan tetapi diharapkan mereka tetap menggunakan hak pilihnya.

”Ketika pemilih cerdas maka mereka akan menggunakan hak pilihnya dengan cerdas. Harapan kita selanjutnya kita akan memiliki pemimpin yang cerdas juga,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni UIKA M Hariansyah mengungkapkan, sebagai akademisi, pihaknya memiliki tanggung jawab terhadap pemerintah. Salah satunya pemilu. Ia melihat, generasi muda saat ini kurang peduli terhadap pemilu. Apalagi sebagai pemilih pemula. Karenanya, menjadi kewajibannya juga untuk menyosialisasikan agar pemilih pemula peduli.

”Yang penting kita berikan motivasi agar mereka tergerak hatinya untuk memilih,” ungkapnya.

aUntuk diketahui, dari 671.814 jumlah pemilih Kota Bogor (daftar pemilih sementara), 201.921 orang  merupakan pemilih pemula. Mereka dari kalangan milenial dengan usia 17 hingga 29 tahun. Sesuai data daftar pemilih sementara (DPS) Kota Bogor, pemilih milenial tersebar di enam kecamatan, dengan perincian 102.952 laki-laki dan 98.969 perempuan.(gal/c)

Baca Juga