Beranda Female

Aktif di Usia 40 Tahun

net
TETAP TERSENYUM: Persahabatan wanita usia 40 tahun, membuat hidup makin bersemangat.

Ada pepatah mengatakan bahwa hidup baru dimulai setelah usia 40 tahun. Karena itu, fungsi organ tubuh di usia tersebut harus tetap sehat dan bugar. Sayangnya, banyak orang di usia ini sudah menderita berbagai penyakit degeneratif.

Penuaan pada tubuh memang sulit dihindari. Selain kulit yang mulai keriput, ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita menjelang usia 40 tahun.

Pertama, metabolisme tubuh wanita akan melambat seiring dengan pertambahan usia. Kedua, hormon esterogen akan menurun menginjak periode pre-menopause. Akibatnya, libido seorang wanita akan menurun.

Selanjutnya, fungsi lain dari hormon estrogen adalah menjaga kekuatan tulang seorang wanita. Jadi, kekuatan tulang wanita semakin berkurang menjelang usia kepala empat.

Kesehatan jiwa juga turut terpengaruh. Tidak sedikit studi yang mengungkap adanya risiko stres dan depresi saat seorang wanita melangkah keluar dari masa kejayaan dan menginjak usia 40 tahun.

Keempat perubahan tersebut merupakan siklus alami tubuh yang sulit dihindari. Namun bukan berarti tidak bisa dihambat sejak dini. Nah, agar tubuh senantiasa aktif, seorang wanita usia 40 tahun tetap harus memperhatikan nutrisi untuk tulang dan ototnya.

Dua nutrisi yang tidak terpisahkan dari kesehatan organ gerak ini adalah kalsium dan vitamin D. Anda dapat memperolehnya dari susu, keju, yogurt, dan berbagai jenis ikan laut. Pastikan nutrisi harian Anda mengandung beragam jenis asupan penuh gizi ini.

Ingat, usia bukan hambatan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda harus membiasakan diri berolahraga secara rutin, minimal tiga kali seminggu selama 30 menit. Hal tersebut penting agar kerja tubuh tetap terjaga optimal.

Jangan lupa untuk relaksasi dan rekreasi. Untuk menjaga jiwa tetap sehat, Anda perlu memastikan memiliki waktu yang cukup untuk relaksasi. Yoga, latihan pernapasan, dan mendengarkan musik klasik merupakan beberapa cara untuk menangkan diri di tengah aktivitas yang padat.

Sekali dalam kurun waktu tertentu, Anda juga dapat membebaskan diri dari rutinitas dengan berekreasi ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Ajak beberapa teman atau pasangan agar rekreasi terasa semakin menyenangkan.

Jadi, jangan berkecil hati. Ada begitu banyak cara untuk menghambat munculnya ancaman kesehatan pada wanita di usia 40 tahun. Lagipula, pertambahan usia justru harus membuat Anda termotivasi dan lebih semangat melakukan perubahan menuju hidup yang lebih sehat dan bugar. Anda harus yakin bahwa Anda tetap bisa berprestasi di usia 40 tahun.(net)

Baca Juga