Beranda Nasional

Ucapan Amien Rais Dinilai Pernyataan Hati yang Putus Asa

20180416_radar-bogor_nasional_Amien-Rais-Partai-Setan2
Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais

JAKARTA-RADAR BOGOR, Mantan Ketua MPR yang juga Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais menjadi sorotan publik setelah mengucapkan kalimat Partai Allah dan Partai Setan di sebuah acara keagamaan, di kawasan Mampang, Jakarta Selatan belum lama ini.

Atas ucapannya itu, Amien dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan menyebarkan ujaran kebencian oleh Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Cyber Indonesia Aulia Fahmi.

Ucapan Amien Rais yang menyebut istilah Partai Allah dan Partai Setan pun, dinilai sebagai pernyataan yang lahir dari suasana hati putus asa.

Demikian disampaikan pengamat politik dari Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti melalui pesan elektronik, Senin (16/4).

Menurut Ray, walaupun Amien membantah bahwa omongannya tidak berhubungan langsung dengan parpol, namun sulit dipisahkan.

Pasalnya, dengan menyebut Partai Gerindra, PKS dan PAN sebagai Partai Allah dengan sendirinya menepis parpol lain di luar tiga parpol itu sebagai bukan Partai Allah.

“Tak perlu berbelit untuk memahami kerangka berpikir demikian,” kata Ray.

Dengan peryataan serampangan itu, lanjut Ray, sama sekali tidak membantu untuk meningkatkan kualitas dan kedewasaan demokrasi berbangsa dan bernegara. (ysp)

Baca Juga