Beranda Uncategorized

Tiket Kereta Tambahan Dijual Hari Ini

BERBAGI
ilustrasi (dok.Radar Bogor)

JAKARTA–RADAR BOGOR,Hari ini PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai menjual tiket untuk kereta tambahan periode perjalanan masa mudik lebaran. Rencananya PT KAI akan mengoperasikan 40 perjalanan dengan 23.753 tiket per harinya.

Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta berencana mengoperasikan 16 kereta api (KA) tambahan. Dalam masa angkutan lebaran kali ini, dari Stasiun Gambir sendiri terdapat sembilan KA tambahan dan delapan KA fakultatif.

”Sedangkan dari Stasiun Pasar Senen terdapat tujuh KA tambahan dan satu KA fakultatif dengan total keseluruhan tempat duduk KA tambahan dan KA fakultatif sebanyak 13.816 seat. Dengan ini, total kapasitas tempat duduk yang tersedia sebanyak 44.580 seat,” kata Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo kemarin (15/4).

Pemesanan dan penjualan untuk 16 KA tambahan ini akan dibuka pada hari ini, mulai pukul 00.01 WIB. Pemesanan dan penjualan tiket KA reguler untuk masa angkutan lebaran telah dimulai pada 7 Maret lalu.

Menurut Edy, rata-rata, tiket KA tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur pada tanggal-tanggal keberangkatan favorit yakni 11–14 Juni telah habis terjual. Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini

Sementara itu, Daop 8 Surabaya menjual tiket enam perjalanan KA tambahan. Menurut Manager Humas Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, jumlah tempat duduk yang dijual per harinya mencapai 8.172 seat. ”Sebagian besar mulai beroperasi pada 8 Juni hingga 25 Juni 2018. Namun ada KA yang beroperasi lebih awal, yakni Kertajaya Lebaran yang mulai dioperasikan mulai tanggal 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018,” ungkapnya.

Sejauh ini, menurut pantauan Jawa Pos (Grup Radar Bogor), secara nasional jurusan yang paling banyak disediakan kursinya dari Stasiun Pasarsenen Jakarta ke Malang, Surabaya, dan Blitar. Masing memiliki kapasitas 1.792 kursi per hari.

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro berpesan agar masyarakat membeli tiket pada aplikasi atau datang langsung ke sta­siun. Edi tidak mere­komendasikan untuk membeli tiket pada orang yang meng­aku bisa mendapatkan tiket. ”Kami telah mem­perbesar bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran pemesanan tiket melalui website atau aplikasi KAI,” ujarnya.(lyn)

Komentar Anda