Beranda Politik

Program Setara Solusi Atasi Kemiskinan

BERBAGI
SERAP ASPIRASI: Calon wali kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata bersama warga Kelurahan Kebon Kelapa.

BOGOR–RADAR BOGOR,Bantuan sosial beras sejahtera (rasta) yang menyasar warga tidak mampu, rupanya masih banyak yang belum tepat sasaran. Bukan hanya di satu wilayah melainkan hampir di seluruh wilayah Kota Bogor mengeluhkan hal serupa.

Seperti yang dikeluhkan ketua RW 01 Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah, saat kedatangan calon wali kota Bogor nomor urut 4, Dadang Iskandar Danubrata, belum lama ini (13/4).

“Mengenai rasta saya selalu menjadi sasaran warga apabila mereka yang seharusnya mendapatkan malah tidak dapat. Padahal rastra tidak melalui RT dan RW, ada petugas lain yang membagikannya. Sehingga ini kadang membuat hubungan ketua RT, RW dengan warga tidak harmonis,” ujar ketua RW 01 Barlian dihadapan Dadang.

Menanggapi keluhan tersebut Dadang mengakui, pembagian rasta memang masih banyak yang belum tepat sasaran. Sebab, hampir semua warga mengeluhkannya. Ini bisa terjadi karena ketua RT dan RW yang mengetahui kondsi dilapangan tidak dilibatkan. ”Ini harus di evaluasi karena bukan terjadi hanya di satu titik saja tapi hampir semua titik,” ujarnya.

Pasangan dari Sugeng Teguh Santoso ini juga ingin meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan program unggulannya, Setara (Satu RT Rp50 Juta per Tahun) . Sehingga bisa memberikan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat. Dengan program Setara masyarakat bisa dilibatkan langsung dalam pembangunan di wilayahnya.

Bahkan bisa menggunakan bantuan tersebut untuk perkembangan ekonomi wilayah, serta menjadi alternatif sebagai bantuan kegiatan sosial di masyarakat.

”Presentasenya kan 60 persen infrastruktur, 30 persen pengembangan ekonomi wilayah seperti membantu warga untuk berusaha dengan produksi UMKM nya, dan 10 persen untuk sosial,” pungkasnya. (gal/c)

Baca Juga