Beranda Politik

PKPI Dapat Nomor Urut 20

BERBAGI
dok. PKPI

JAKARTA–RADAR BOGOR,Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) A.M. Hendropriyono sukses mengantar partainya menjadi peserta Pemilu 2019. Namun, dia membuat keputusan baru yang mengejutkan. Mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu menyatakan mundur dari jabatannya. Dia ingin pensiun dari percaturan politik nasional.

”Ini saat-saat terakhir saya berkiprah di partai politik,” kata Hendropriyono saat memberikan sambutan dalam rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU memang mengundang pengurus pusat PKPI untuk menyerahkan nomor urut peserta Pemilu 2019. PKPI mendapat nomor urut 20. Hendropriyono terpilih sebagai ketua umum PKPI secara aklamasi pada Agustus 2016. Hampir dua tahun dia memimpin PKPI. Selama rentang waktu tersebut, Hendro merasa sudah cukup mendapat pengalaman di dunia politik.

”Susah payah setengah mati. Saya baru tahu. Oh, inilah parpol,” ungkapnya. Hendropriyono memastikan bahwa PKPI akan menetapkan pengganti dirinya dalam kongres luar biasa.

Hendro menjelaskan, salah satu alasan dirinya mundur adalah faktor usia. Bulan depan dia berusia 73 tahun. Pada usia tersebut, Hendro merasa sudah cukup mengabdi di belantara politik.

Dia mengungkapkan, memang tidak sedikit kader PKPI yang menginginkan dirinya tetap menjadi ketua umum. Namun, Hendropriyono memastikan tidak akan membatalkan pengunduran dirinya.

KPU memang sempat mencoret PKPI dalam daftar partai politik peserta pemilu. Sebab, partai tersebut dianggap belum mampu memenuhi syarat kepengurusan. Namun, Hendropriyono berhasil membuktikan bahwa anggapan tersebut keliru.(bay/c4/oni)

Komentar Anda

Baca Juga