25 radar bogor

Elektabilitas Gatot Naik, Masuk Tiga Besar Capres 2019

Gatot Nurmantyo saat masih menjadi Panglima TNI.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Lembaga survei Media Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru yang menempatkan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo di posisi ketiga setelah petahanan Joko Widodo dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

Gatot memperoleh tingkat elektabilitas (keterpilihan) sebesar 7,0 persen mengalahkan Jusuf Kalla yang hanya memperoleh 4,3 persen, Anies Baswedan 2,0 persen dan Muhaimin Iskandar yang hanya mendapat 1,9 persen.

Pada survei yang dilakukan dari 24 Maret sampai 6 April 2018, Jokowi masih unggul dengan perolehan 36,2 persen di posisi teratas diikuti Prabowo dengan perolehan 20,4 persen.

Kendati demikian, elektabilitas Gatot mengalami kenaikan 1,5 persen dari 5,5 di bulan Februari menjadi 7,0 persen di bulan April ini.

“Gatot mengalahkan Jokowi yang hanya naik 1,2 persen,” kata Direktur Riset Median Sudarto dalam paparanya di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/4).

Adapun populasi survei dilakukan kepada seluruh warga yang memiliki hak pilih dengan sampel 1.200 reseponden. Margin of eror survei sebesar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (ysp)